Prof Wiku Jelaskan Mengapa Tenaga Kesehatan Divaksin Lebih Dulu

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 481 2356280 prof-wiku-jelaskan-mengapa-tenaga-kesehatan-divaksin-lebih-dulu-Raf53fWAnk.jpg Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Profesor Wiku Adisasmito. (Foto: Satgas Covid-19)

PEMERINTAH telah memulai program pemberian vaksin covid-19 sejak 13 Januari 2021. Tenaga kesehatan (nakes) pun menjadi kelompok yang diprioritaskan pemerintah untuk divaksin. Meski demikian, masih banyak masyarakat yang bertanya, mengapa tenkes menjadi prioritas?

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Profesor Wiku Adisasmito, menjelaskan bahwa tenaga kesehatan adalah profesi di tempat terdepan penanggulangan wabah virus corona. Mereka berisiko tinggi hingga tiga kali lipat terinfeksi dibanding masyarakat umum.

Baca juga: Waspadai Droplet! Media Utama Penyebaran Covid-19 

"Jadi harus divaksin duluan agar mencapai herd immunitiy. Nakes rentan terpapar covid-19 karena mereka yang merawat pasien dan jumlahnya yang meninggal juga cukup tinggi. Ini harus kita lindungi karena aset bangsa untuk masa depan," ujar Prof Wiku dalam live streaming di kanal YouTube Kemenkes, Kamis (4/2/2021).

Selain itu, Prof Wiku juga menjelaskan bahwa program vaksinasi covid-19 harus sukses untuk masa depan. Sebab, program ini juga berfungsi sebagai perlindungan untuk masyarakat. Masyarakat bisa melihat dan menilai sendiri bahwa program vaksinasi ini relatif persiapannya cepat.

Baca juga: Usai Divaksin Covid-19, Banyak Warga Keluhkan Ini

"Jadi tidak ada waktu untuk berlama-lama dalam perencanaan, tapi perencanaannya juga harus bagus. Ternyata dalam beberapa saat ini kita sudah berhasil memvaksinasi lebih dari 600 ribu nakes. Tentunya kecepatan memvaksinasi serta proses yang aman dan terkendali dari waktu ke waktu pasti akan meningkat," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini