7 Dampak Buruk Penggunaan Earphone secara Berlebihan

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 481 2356330 7-dampak-buruk-penggunaan-earphone-secara-berlebihan-UMTHKpX7uV.jpg Earphone membahayakan kesehatan telinga jika dipakai berlebihan. (Rupixen/Unsplash)

DAMPAK buruk penggunaan earphone secara berlebihan harus diketahui semua orang. Pasalnya, banyak orang kini menggunakan perangkat pengeras suara di telinga ini untuk kebutuhan terkait gawainya.

Namun, mendengarkan suara yang terlalu keras melalui earphone akan sangat membahayakan. Ini dikarenakan paparan gelombang suara yang terus-menerus akan membuat sel-sel rambut dalam telinga kehilangan kepekaannya terhadap getaran.

Baca juga: Kotoran Telinga Bisa Mengukur Tingkat Stres Anda Lho! 

Lalu apa lagi dampak buruk penggunaan earphone secara berlebihan? Berikut ini faktanya, seperti dirangkum dari Columbia Asia, Kamis (4/2/2021).

1. Kehilangan pendengaran

Volume yang keras ditambah dengan durasi pemakaian lama akan sangat berisiko tinggi kehilangan pendengaran. Pastikan mengatur volume sewajarnya.

Ilustrasi telinga. (Foto: Indiatimes)

2. Tinnitus

Tinnitus disebabkan oleh kerusakan rambut di koklea. Ini akan menimbulkan pendengaran yang berdenging, berdengung, dan menderu baik telinga maupun kepala.

3. Hiperakusis

Hiperakusis justru akan membuat telinga lebih peka terhadap suara. Bahkan membuatnya tidak tahan seperti menyakitkan atau terlalu keras untuk didengarkan, sekalipun suara-suara itu sebenarnya normal.

Baca juga: Baku Tembak dengan Prajurit TNI, 1 Anggota KKB Tewas

4. Pusing

Menggunakan earphone untuk mendengarkan suara yang keras tidak hanya memengaruhi telinga, tapi juga kepala, sehingga akan menimbulkan rasa pusing. Penting diketahui bahwa saat naik kendaraan hindarilah penggunaan earphone karena hanya akan menambah desibel suara di sekitarnya.

5. Infeksi telinga

Cara menggunakan earphone yang disumbatkan ke lubang telinga akan menghalangi proses aliran udara. Jika dipakai terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama akan berisiko pertumbuhan bakteri. Belum lagi jika earphone digunakan bergantian dengan orang lain, sehingga telinga berpotensi terinfeksi. Maka itu, penting membersihkannya secara rutin.

Baca juga: Pria Ini Tidak Sadar Berhari-hari Telinganya Kemasukan Lebah 

6. Kotoran telinga berlebihan

Kotoran telinga berlebihan akan mempercepat kemungkinan terkena tinnitus, kesulitan mendengar, sakit telinga, dan infeksi.

7. Sakit telinga

Bukan saja durasi pemakaian yang berpengaruh menyakitkan telinga, tapi ukuran yang tidak pas pun bisa jadi membuatnya nyeri hingga ke bagian dalam. Ini bisa meluas ke daerah rahang atas kepala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini