8 Tanda Depresi, Pernah Alami Berapa?

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 481 2356397 8-tanda-depresi-pernah-alami-berapa-8m3aT5w8gO.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP orang pasti pernah merasa sedih, namun tak semua bisa melaluinya dengan baik. Di antara mereka, banyak yang merasa depresi dan berpengaruh terhadap suasana hati, cara berpikir hingga menimbulkan penyakit.

Peneliti perguruan tinggi di Claremont, California E. Mollie Kashuk mengatakan, depresi menutup hubungan dengan orang lain, menghambat kreativitas, dan yang terburuk adalah mematikan harapan.

Hal ini juga sering menyebabkan rasa sakit emosional yang dalam. Tak hanya kepada orang saja yang mengalaminya, tetapi juga pada keluarga serta teman terdekat orang tersebut.

Depresi

“Ini bukan apa yang orang pikirkan, tindakan malas atau kurangnya keinginan untuk berubah," katanya seperti dilansir dari laman Everyday Health.

Menurut American Psychiatric Association's current Diagnostic and Statistics Manual of Mental Disorders (DSM-5), yang merupakan panduan diagnostik yang digunakan oleh sebagian besar profesional kesehatan mental.

Jka Anda pernah mengalami delapan gejala ini hampir setiap hari, kemungkinan didiagnosis dengan gangguan depresi mayor (MDD) atau yang dikenal sebagai depresi klinis.

Berikut ini delapan gejala yang dimaksud, yaitu:

1. Terus-menerus merasa menangis, kosong, atau tidak berharga?

2. Memiliki sedikit minat atau kesenangan pada pekerjaan, hobi, teman, keluarga, dan hal lain yang pernah Anda nikmati sebelumnya?

3. Perhatikan perubahan dramatis naik atau turun nafsu makan Anda atau berat badan yang tidak terkait dengan diet?

4. Sering merasa lesu atau lelah tanpa alasan yang jelas?

5. Mengalami kesulitan berkonsentrasi atau membuat keputusan?

6. Anda meremas-remas tangan, mondar-mandir, atau menunjukkan tanda-tanda kegelisahan lain - atau sebaliknya, bergerak atau berbicara lebih lambat dari biasanya?

7. Berjuang dengan insomnia atau terlalu banyak tidur?

8. Punya pikiran berulang tentang bunuh diri atau kematian?

Apabila Anda mengalami gejala tersebut, maka segera lah periksakan diri ke ahlinya. Seperti psikiater atau psikoterapis, agar keluhan yang menjurus ke depresi bisa diatasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini