5 Manfaat Makan Telur untuk Ibu Hamil, Harus Disajikan Matang Ya

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 481 2356485 5-manfaat-makan-telur-untuk-ibu-hamil-harus-disajikan-matang-ya-Fqfl2v6gu8.jpg Ilustrasi ibu hamil. (Foto: Valeria Aksakova/Freepik)

TERNYATA manfaat makan telur untuk ibu hamil sangatlah besar. Sebab, telur memiliki segudang nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, termasuk ibu hamil. Nutrisi ini berupa protein, lemak, dan mineral yang menyehatkan.

Bagi ibu hamil, penting memasukkan lebih banyak makanan bernutrisi ke dalam hidangannya. Salah satunya telur. Telur menjadi makanan wajib dikonsumsi selama masa kehamilan.

Baca juga: Sering Gagal Bikin Telur Over Easy? Simak Cara Jitu Memasaknya 

Telur kaya selenium, seng, vitamin A, D, dan beberapa B kompleks yang dibutuhkan ibu hamil. Adanya banyak nutrisi itu membuat telur akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan sang ibu dan janin. Namun, perlu dipastikan memilih telur yang segar dan aman.

Saat hamil, pastikan telur dimasak sampai benar-benar matang. Jangan pernah mengonsumsi telur mentah atau setengah matang karena berisiko terkena infeksi salmonella yang bisa menular pada bayi.

Berikut ini manfaat mengonsumsi telur bagi ibu hamil, seperti dirangkum dari Boldsky, Kamis (4/2/2021).

Telur. (Foto: Son Shine Kitchen)

1. Terpenuhi asupan protein

Telur kaya akan protein yang penting selama kehamilan. Setiap sel bayi yang sedang tumbuh terbuat dari protein, jadi mengonsumsi telur dalam jumlah tertentu selama kehamilan baik untuk janin.

2. Pengembangan otak

Selain dikemas dengan 12 vitamin dan mineral, telur mengandung kolin dan asam lemak omega-3 yang mengembangkan pertumbuhan bayi secara keseluruhan dan bagus untuk kesehatan otak. Ini juga mencegah kecacatan pada janin.

Baca juga: 5 Makanan yang Mengandung Protein Lebih Banyak dari Telur, Apa Saja? 

3. Pemenuhan kadar kolesterol

Wanita dengan kadar kolesterol darah normal dapat makan satu atau dua telur setiap hari untuk keseimbangan makanan rendah lemak jenuh. Jika kadar kolesterol tinggi, hindari kuning telur.

4. Mendapat asupan kalori

Ibu hamil harus makan antara 200 hingga 300 kalori tambahan setiap hari untuk menyehatkan tubuh dan janinnya. Telur mengandung sekira 70 kalori sehat yang dapat memenuhi kebutuhan kalori harian.

Baca juga: Telor Aci Jajanan Favorit Anak Sampai Orang Dewasa, Gampang Bikinnya Lho 

5. Cara mengonsumsi yang baik

Jangan pernah mengonsumsi telur mentah atau setengah matang saat masa kehamilan. Sebab, ini dapat meningkatkan risiko infeksi salmonella. Infeksi ini dapat menyebabkan persalinan prematur, kontraksi uterus, dehidrasi, diare dan muntah. Lebih baik telur rebus atau matang.

Telur rebus. (Foto: Oneuponchef)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini