8 Manfaat Jamur untuk Tubuh, Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung Lho

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 481 2356491 8-manfaat-jamur-untuk-tubuh-bisa-tingkatkan-kesehatan-jantung-lho-Q8IXV91wBP.jpg Ilustrasi jamur. (Foto: Boldsky)

MANFAAT jamur untuk tubuh ternyata ada banyak. Ini harus diketahui semua orang agar lebih rutin mengonsumsinya. Ada banyak jenis jamur, di antaranya jamur tiram, jamur kancing, dan jamur shiitake.

Jamur sendiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki banyak nutrisi. Jamur biasanya berwarna putih dan kusam, lalu sangat populer di Indonesia.

Baca juga: Lezatnya Ayam Crispy Saus Jamur, Mudah dan Cepat Membuatnya 

Jamur jika dimakan terasa kenyal dan terkenal dengan tekstur seperti daging. Biasanya jamur dicampurkan dalam hidangan seperti sup, salad, atau tumisan.

Jamur rendah kalori dan merupakan sumber vitamin B. Jamur juga sangat baik untuk kesehatan tubuh karena punya banyak khasiat.

Apa saja manfaat jamur untuk kesehatan? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir Boldsky, Kamis (4/2/2021).

Jamur. (Foto: Healthline)

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Jamur dapat menjaga kolesterol tetap terkendali sehingga meningkatkan kesehatan jantung. Jamur juga mengandung serat makanan larut yang dikenal sebagai beta-glukan yang dapat menurunkan kolesterol LDL (jahat), meningkatkan kolesterol HDL (baik), serta mengatur gula darah.

Kadar kolesterol jahat yang tinggi menyebabkan aterosklerosis yaitu peningkatan penumpukan plak di arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Selain itu, potasium dan vitamin C pada jamur berkontribusi untuk kesehatan jantung sehingga menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

2. Meningkatkan kesehatan tulang

Jamur mengandung banyak kalsium, vitamin D, tembaga, dan fosfor yang menjaga kekuatan tulang. Setiap mineral berperan meningkatkan kepadatan tulang dengan menjaga agar tulang tidak rapuh.

Jamur yang ditanam di luar ruangan, konsentrasi vitamin D-nya meningkat. Konsumsi jamur akan memberi tubuh vitamin A, kalsium, tembaga, dan fosfor dalam jumlah yang cukup.

Mengonsumsi jamur merang secara rutin dapat mengurangi kemungkinan terkena osteoporosis, nyeri sendi, dan gangguan lain yang berhubungan dengan degenerasi tulang.

Baca juga: Nekat Suntikkan Jamur ke Tubuh, Pria Ini Gagal Ginjal 

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan ergothioneine dan antioksidan yang ada dalam jamur efektif membasmi radikal bebas sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jamur mengandung selenium yang melawan infeksi dengan merangsang produksi sel T pembunuh dan beta-glukan. Ini ditemukan di dinding sel jamur dan dapat melawan sel kanker dan mencegah pembentukan tumor. Jamur mengandung senyawa antibakteri dan antijamur yang kuat dan melindungi sel manusia dari bakteri dan jamur berbahaya.

4. Mencegah diabetes

Menurut peneliti dari Pennsylvania State University, Amerika Serikat, mengonsumsi jamur bisa memengaruhi glukosa dan mengatur kadar gula darah. Jamur adalah sumber beta-glukan yang bagus, serta serat makanan larut yang menjaga kadar gula darah sehingga mengurangi risiko diabetes tipe 1 dan 2. Makanan ini baik untuk penderita diabetes.

5. Menurunkan berat badan

Manfaat lain dari jamur adalah menurunkan berat badan karena rendah kalori dan padat nutrisi. Serat yang ditemukan di dinding sel jamur membantu meningkatkan pencernaan dan mempercepat metabolisme. Ini dapat meningkatkan rasa kenyang dan membuat kenyang lebih lama.

6. Mencegah anemia

Jamur putih mengandung tembaga yang dapat mengatur dan merangsang penyerapan zat besi dari makanan. Jamur juga kaya zat besi yang kedua mineral tersebut bekerja sama dalam produksi sel darah merah dan mencegah anemia. Kekurangan zat besi menyebabkan anemia yang ditandai dengan kelelahan ekstrim, sakit kepala, dan lain-lain.

Baca juga: False Morel, Jamur Beracun yang Jadi Hidangan Mewah 

7. Menurunkan tekanan darah

Jamur kaya akan sumber kalium yang berfungsi sebagai vasodilator. Ini dapat melemaskan ketegangan di pembuluh darah sehingga mengurangi tekanan darah. Asupan natrium yang berlebihan mengurangi kemampuan ginjal untuk mengeluarkan air. Jadi, dengan mengonsumsi jamur, kadar kalium akan meningkat dan memulihkan keseimbangan dalam hal fungsi jantung, otot dan saraf serta ginjal.

8. Menghasilkan kulit yang baik

Jamur dapat membantu mengatasi jerawat, eksim, dan masalah kulit lainnya. Adanya vitamin D, antioksidan, dan selenium dalam jamur bekerja melindungi kulit dari keriput dan mencegah penuaan akibat kerusakan radikal bebas. Oleh karena itu, jamur memiliki khasiat peningkat kulit yang dapat mencegah timbulnya bintik-bintik penuaan, warna kulit tidak merata, dan perubahan warna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini