Terlilit Banyak Utang karena Pandemi, Restoran Ini Dijual Murah Rp14 Ribu

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 612 2356526 terlilit-banyak-utang-karena-pandemi-restoran-ini-dijual-murah-rp14-ribu-GgCUGDCeWb.jpg Ilustrasi Restoran. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI Covid-19 yang sudah berlangsung kurang lebih selama satu tahun ini memang memberikan dampak negatif bagi banyak orang. Bukan hanya terdampak secara kesehatan fisik maupun mental, tapi juga finansial.

Salah satu contohnya pria pemilik restoran di Iowa, Amerika Serikat bernama Li Zhang ini. Terdampak kondisi pandemi Covid-19 saat ini, Li Zhang harus terpaksa menjual restoran dan bar karaoke miliknya, Lark & Owl yang baru saja dibuka pada Agustus 2019.

Mirisnya, dilapor Fox News, Li Zhang menjual restoran dan bar karaokenya tersebut dengan membanting harga, hanya senilai USD1 atau kurang lebih Rp14.000 saja. Lewat surat elektronik kepada Fox News, Li Zhang mengaku ia menjual restorannya itu karena mengalami kerugian finansial sangat besar di tahun 2020, dan kini membuat dirinya terlilit hutang dalam jumlah besar.

Li Zhang menambahkan, beberapa orang sudah tertarik untuk membeli restorannya tersebut dengan harga USD1. Tapi semua calon pembeli, jadi ragu-ragu untuk membelinya, setelah mengetahui betapa mahalnya biaya sewa bangunan restoran tersebut.

restoran

Menurut informasi dari The Gazette, biaya sewa restoran dan bar karaoke Lark & Owl mencapai USD5.000 atau sekira Rp70,2juta per bulannya. Biaya ini juga belum termasuk, biaya pengeluaran lainnya untuk restoran, misalnya biaya gaji karyawan.

Biaya operasional yang tinggi, ditambah tidak adanya keuntungan yang masuk sejak pandemi di Amerika membuat restoran ini tidak memiliki nial jual.

Bahkan, ruang bar karaoke di restoran ini pun harus ditutup karena pandemi. Sementara di sisi lain, pendapatan dari layanan pesan antar serta takeout juga tidak mampu menutupi seluruh biaya pengeluaran restoran, apalagi memberikan profit bagi restoran.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini