Waspada! 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Ganggu Mental dan Fisik

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 612 2356527 waspada-7-kebiasaan-sehari-hari-ini-bisa-ganggu-mental-dan-fisik-GiwkNVFtaC.jpg Ilustrasi kesehatan mental dan fisik terganggu. (Foto: Jcomp/Freepik)

TANPA disadari ada kebiasaan sehari-hari yang bisa menurunkan kesehatan mental dan fisik. Mungkin terlihat sepele atau bahkan seperti tidak mungkin bisa membahayakan kesehatan, tapi nyatanya bisa mengganggu kesehatan.

Saat kebiasaan ini masih dilakukan, tidak hanya akan memengaruhi kesehatan, tapi tampilan tubuh secara keseluruhan juga akan tampak lebih tua daripada usia sesungguhnya.

Baca juga: Yuk Jaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi Ini, Simak Caranya 

Apa saja kebiasaan tersebut? Berikut ini tujuh di antaranya, sebagaimana dikutip dari Very Well Health, Kamis (4/2/2021).

1. Memikirkan hal tidak menyenangkan

Memikirkan hal tidak menyenangkan akan jadi baik jika diambil sebagai refleksi diri dan mencari solusi. Namun akan berbeda saat dibawa sebagai renungan. Penelitian Behavior Research and Therapy menemukan bahwa hal tersebut bisa mengarah ke gejala depresi yang tentu saja memengaruhi kondisi psikologis.

Ilustrasi kesehatan mental terganggu. (Foto: Jcomp/Freepik)

2. Curhat ke teman

Sejalan dengan memikirkan hal tidak menyenangkan, curhat ke teman mungkin bisa melegakan. Tapi nyatanya itu salah. Menurut penelitian Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology, percakapan berorientasi negatif hanya akan meningkatkan kadar hormon stres. Mengulangi kesulitan sebenarnya hanya akan menjebak suasana hati dalam kondisi buruk.

3. Menyalahkan diri sendiri

Perasaan bersalah yang dilayangkan untuk diri sendiri nyatanya sama-sama meningkatkan gejala depresi. Ini terbukti dari penelitian dari Personality and Individual Differences. Untuk menanggulanginya, cobalah untuk mengubah cara berpikir untuk merasa lebih baik.

Baca juga: 2021 Masih Harus Hadapi Pandemi Covid-19, Ini 8 Cara Tetap Waras 

4. Begadang

Kebiasaan begadang dapat meningkatkan kemungkinan kesehatan yang buruk. Mungkin di pagi hari akan merasa kelelahan saja. Namun, sangat bisa memberikan pengaruh jelek seiring berjalannya waktu.

5. Menghabiskan uang

Berbelanja sudah bukan tentang kebutuhan lagi, tapi hobi. Kebiasaan menghabiskan uang pada hal yang tidak perlu apalagi sampai berutang berhubungan dengan tingkatan masalah mental tiga kali lebih tinggi. Menurut penelitian Clinical Psychology Review, banyak utang sangat memicu stres seseorang. Bahkan bisa menimbulkan keinginan untuk bunuh diri.

Baca juga: Rajin Merawat Kulit Mampu Jaga Kesehatan Mental 

6. Terus-menerus makan

Ada saat di mana seseorang terus-menerus makan. Ini akan memungkinkan menambah kalori yang masuk sehingga berat badan meningkat. Jika dilanjutkan akan sangat berbahaya dan menyebabkan beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, dan lainnya.

7. Terlalu banyak duduk

Terlalu banyak duduk sering terjadi bagi orang-orang yang bekerja kantoran. Faktanya, perilaku ini memiliki risiko kesehatan fisik seperti obesitas, diabetes, dan kardiovaskular.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini