Waspada! 3 Kanker Ini Sering Menyerang Anak-anak

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 06:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 612 2356741 waspada-3-kanker-ini-sering-menyerang-anak-anak-ICmtEClL3g.jpeg Anak Penderita Kanker. (Foto: Reuters)

KANKER merupakan salah satu penyakit tidak menular, namun dapat tumbuh paling cepat dan tidak luput menyerang anak kecil. Jenis kanker yang menyerang anak-anak berbeda dengan dialami orang dewasa.

Biasanya, kanker terjadi karena adanya mutasi sel, akibat gaya hidup tidak sehat yang diterapkan seseorang. Tapi pada anak, bukan karena gaya hidup atau faktor lingkungan, hal ini sebuah perubahan DNA awal yang diketahui menyebabkan kanker pada anak-anak.

Dilansir dari laman Times of India, berikut ini jenis tumor yang sering menyerang anak-anak, di antaranya:

Kanker darah, atau leukemia

Menurut Dr Satya Prakash Yadav, Direktur - Hemato Onkologi Pediatrik & Transplantasi Sumsum Tulang Medis dan Hemato-Onkologi, Institut Kanker, Medanta, hampir 30 persen anak penderita kanker menderita leukemia, yang diklasifikasikan sebagai kelainan pada sumsum tulang. Di mana memproduksi darah, sel darah putih yang tidak diinginkan, atau limfoblas dibuat di dalam tubuh.

Leukemia dapat muncul dalam dua tipe yakni Leukemia Limfoblastik Akut (ALL) atau Leukemia Myeloid Akut (LMA), yang keduanya dapat dengan mudah diobati jika diagnosis dibuat tepat waktu.

Kanker anak

Tumor Otak

Bentuk kanker kedua yang paling sering terlihat adalah tumor otak, terlihat pada lebih dari 20 persen kasus. Gejala dan tanda tumor otak bervariasi tergantung pada lokasi tumor berada, atau penyebaran cairan serebrospinal yang menyebabkan penyakit tersebut.

Sakit kepala tetap menjadi salah satu tanda infeksi yang paling khas. Beberapa anak juga menderita mual kronis yang terus-menerus, terutama di pagi hari, yang seharusnya menjadi tanda kekhawatiran lain yang harus diperhatikan orang tua.

Kanker Ginjal

Wilm Tumor Wilm atau kanker ginjal adalah kanker lain yang biasa menyerang kepada anak-anak. Hal itu juga sesuatu yang diambil secara tidak biasa, dan tidak memiliki tanda-tanda yang spesifik.

Hal ini ditandai jila anak Anda mengeluarkan darah melalui urin atau tinja, maka segeralah periksa ke dokter untuk memastikan, apakah anak diserang tumor atau ada kelainan lainnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini