5 Kesalahan saat Olahraga yang Justru Memperlambat Penurunan Berat Badan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 05:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 481 2356747 5-kesalahan-saat-olahraga-yang-justru-memperlambat-penurunan-berat-badan-7GxBChjHqr.jpg Ilustrasi olahraga. (Foto: Katemangostar/Freepik)

SUPAYA berhasil menurunkan berat badan perlu dilakukan pengaturan pola makan dan olahraga. Rutinitas olahraga yang terencana dengan baik dapat mempercepat proses pembakaran lemak dan bahkan mengencangkan kulit.

Dengan pilihan jenis olahraga yang beragam, banyak orang meluangkan waktu berjam-jam di gym dan lintasan lari, tetapi tetap tidak melihat hasil yang memuaskan. Jika Anda salah satunya, kemungkinan besar ada suatu kesalahan saat berolahraga.

Baca juga: Mau Punya Perut Rata? Coba 7 Gerakan Olahraga Ini 

Mengutip Times of India, Kamis (4/2/2021), berikut ini lima kesalahan umum yang sering dilakukan saat berolahraga yang justru memperlambat program penurunan berat badan.

1. Mengonsumsi protein setelah olahraga

Protein dapat membantu tubuh memperbaiki dan memulihkan otot. Tetapi mengonsumsi minuman berprotein tidak akan membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan yang lebih cepat.

Secara umum, seseorang yang terlibat dalam aktivitas fisik yang berat disarankan untuk mengonsumsi 1,2 hingga 2,0 gram protein per kilogram berat badan. Kelebihan protein sebenarnya disimpan di dalam tubuh sebagai lemak, sedangkan kelebihan asam amino dikeluarkan. Hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan seiring waktu.

Olahraga lari. (Foto: Fotorech/Pixabay)

2. Tidak menggunakan batas kemampuan

Untuk membakar kalori secara maksimal dan menghilangkan lemak dari tubuh, Anda harus memaksakan diri. Hanya ketika menantang tubuh, Anda akan mampu membakar kalori.

Maka itu, Anda harus konsisten dan melakukan latihan setidaknya 30 hingga 40 menit setiap hari. Aturan ini berlaku untuk semua latihan yang Anda lakukan, baik itu gym, berjalan, atau berlari.

Baca juga: 4 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga, Pulihkan Kondisi Tubuh 

3. Hanya fokus pada kardio

Jelas sekali bahwa latihan kardio dapat membantu membakar lebih banyak kalori. Tetapi yang benar adalah latihan kekuatan dapat membantu Anda membakar kalori bahkan saat istirahat.

Fokus hanya pada kardio mungkin tidak tepat jika tujuannya adalah menurunkan berat badan. Pertahankan keseimbangan antara kedua jenis latihan ini.

4. Hanya fokus pada skala timbangan

Timbangan bukanlah satu-satunya cara untuk mengukur kemajuan Anda. Berat badan dapat berfluktuasi hingga 2 kilogram dalam sehari, tergantung pada seberapa banyak makanan dan cairan yang dikonsumsi.

Anda bisa merasakan kemajuan ketika pakaian mulai terasa lebih longgar atau mungkin merasa lebih ringan dan lebih sehat.

Baca juga: Ini Trik Olahraga Lari yang Ampuh untuk Mengencangkan Perut 

5. Tidak cukup makan sebelum berolahraga.

Jika Anda mengira bahwa olahraga saat perut kosong akan mampu membakar lebih banyak kalori, mungkin ini keliru. Beri asupan diri dengan baik sebelum olahraga untuk memberikan energi guna melakukan aktivitas dan mempercepat proses penurunan berat badan.

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Journal Nutrients, mengonsumsi makanan kaya karbohidrat dalam 60 menit olahraga bermanfaat bagi kinerja dan meningkatkan proses pembakaran lemak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini