Begini Rencana Pemerintah untuk Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 481 2356979 begini-rencana-pemerintah-untuk-vaksinasi-covid-19-bagi-lansia-2yIUd7QZzv.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Anadolu Agency)

Pemerintah terus berupaya mengatur strategi agar kelompok lanjut usia (lansia) bisa secepatnya mandapatkan vaksinasi Covid-19. Sebab lansia menjadi sah satu kelompok yang rentan terinfeksi Covid-19.

Sebagaimana diketahui, saat ini vaksin Sinovac yang didatangkan Indonesia belum teruji aman untuk diberikan kepada masyarakat berusia 60 tahun ke atas. Alhasil vaksinasi untuk lansia pun ditunda hingga pemerintah berhasil mendatangkan vaksin lain yang aman untuk kelompok tersebut.

 lansia

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, selain menunggu kedatangan varian vaksin lainnya yang cocok diberikan kepada lansia, pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah skenario. Langkah ini diambil untuk memudahkan para lansia dalam vaksinasi.

“Kami juga membuat beberapa skenario, seperti bisa datang sendiri ke fasilitas kesehatan (faskes) pelayanan kesehatan. Dengan membawa nomor induk kependudukan. Tapi kita juga harus memastikan lansia ini paling rentan tertular Covid-19,” ujar dr. Siti, dalam live streaming ‘Vaksinasi Massal Covid-19 Tahap 1 DKI Jakarta’, Kamis 4 Februari 2021.

Pemerintah ingin memastikan apakah vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan atau model vaksinasi massal seperti yang dilakukan DKI Jakarta menjadi pilihan terbaik bagi para lansia. Sehingga proses vaksinasi sudah pasti lebih aman dari Covid-19, meski jumlahnya dan protokol kesehatannya harus diatur dengan tepat.

“Selain itu lansia-lansia yang ada hambatan kalau mau keluar (rumah), itu mungkin akan dilakukan secara aktif, dengan berkerjasama dengan pengelola, kemudian mereka yang mendatangkan vaksinator ke tempat tersebut,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini