6 Cara Alami Mengatasi Mata Kering, Salah Satunya Sering Berkedip

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 481 2357112 6-cara-alami-mengatasi-mata-kering-salah-satunya-sering-berkedip-A8zHEzZEz9.jpg Ilustrasi mengalami mata kering. (Foto: Yanalya/Freepik)

MATA kering bisa dialami siapa saja. Gejalanya bisa bermacam-macam, misalnya perih, merah, ada rasa terbakar, dan seperti ada sesuatu yang mengganjal.

Kondisi mata kering disebabkan kurangnya produksi air mata yang seharusnya bisa menjaga penglihatan. Di antaranya akibat berkendara, terlalu lama di depan layar gadget, atau bertambahnya usia.

Baca juga: Tips Jaga Kesehatan Mata saat Seharian Bekerja Menatap Laptop 

Ada berbagai cara mengatasi mata kering. Cobalah beberapa cara alami berikut ini, seperti dinukil dari WebMD, Jumat (5/2/2021).

Ilustrasi mata kering. (Foto: Cookie Studio/Freepik)

1. Kompres hangat

Mata yang kering kekurangan cairan yang terdiri dari air, minyak, dan lendir. Ini bisa diperparah dengan meradang dan terkelupasnya kelopak mata yang dapat menghambat kelenjar pembuat minyak. Cobalah untuk memberinya kelembapan dengan mengompreskan kain hangat di mata yang terpejam.

2. Sering mencuci bulu mata

Jangan lupa untuk mencuci kelopak mata serta bulunya. Ini akan membantu mengendalikan peradangan. Gunakan sedikit sampo bayi atau sabun lembut lainnya sambil memijat bagian pangkal bulu mata.

Baca juga: Hati-Hati, Terlalu Lama Pakai Masker Bisa Sebabkan Mata Kering 

3. Berkedip

Aktivitas yang melibatkan gadget akan membatasi berapa kali seseorang berkedip per menitnya. Ini bisa diatasi dengan teknik 20/20 atau menyediakan waktu 20 detik untuk memejamkan mata di setiap 20 menit sekali.

4. Makan ikan berlemak

Lemak sehat dan omega-3 pada ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel terbukti dapat membantu kelenjar pembuat minyak di mata bekerja lebih baik dan bisa meredakan iritasi.

Baca juga: 7 Tanda Anak Alami Mata Malas, Yuk Segera Diatasi 

5. Tetap terhidrasi

Jangan lupa selalu minum air tawar atau mineral untuk menjaga hidrasi tubuh, termasuk mata. Ini akan membuatnya tetap lembap.

6. Pakai kacamata wrap around

Kacamata wrap around atau yang memiliki bentuk pelindung bisa digunakan untuk membantu menghalau angin yang bisa membuat mata semakin kering.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini