Catat, Ini 5 Olahraga yang Baik untuk Penderita Diabetes

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 20:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 481 2357324 catat-ini-5-olahraga-yang-baik-untuk-penderita-diabetes-g5HiGa3tnp.jpg Olahraga jalan baik untuk penderita diabetes. (Foto: Shutterstock)

PENDERITA diabetes disarankan tetap melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan. Olahraga dinilai sangat penting bagi mereka, terutama penderita diabetes tipe 2.

Melakukan olahraga apa pun setiap hari dapat memberikan kesehatan bagi penderita diabetes, seperti mengurangi gula darah dan mengatur berat badan. Ini bahkan dapat mengurangi kebutuhan insulin harian mereka.

Baca juga: 5 Kesalahan saat Olahraga yang Justru Memperlambat Penurunan Berat Badan 

Belum lagi, olahraga dapat membantu menangkis penyakit lain yang dapat disebabkan sistem kekebalan lemah.

Para ahli menyarankan bahwa orang yang menderita diabetes tipe 2 harus berusaha melakukan aktivitas fisik intensitas sedang selama 150 hingga 300 menit per minggu.

Mengutip dari Times of India, Jumat (5/2/2021), berikut ini lima jenis olahraga yang baik dilakukan untuk penderita diabetes tipe 2.

1. Sepeda statis

Data menunjukkan bahwa 50 persen penderita diabetes tipe 2 menderita radang sendi. Hal ini pada dasarnya disebabkan kerusakan saraf (sering terjadi pada kondisi tersebut) yang akhirnya menyebabkan nyeri sendi.

Untuk menghindari tekanan lebih lanjut pada sendi, penderita diabetes dapat melakukan olahraga berdampak rendah seperti bersepeda statis. Melakukan olahraga sepeda statis selama 3–4 kali seminggu dapat membantu meningkatkan kualitas hidup.

Olahraga sepeda statis. (Foto: Pressfoto/Freepik)

2. Naik tangga

Menaiki tangga adalah cara yang sehat dan mudah untuk membakar kalori dan olahraga dengan baik. Ini membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih cepat yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah serta mengatur berat badan.

Menaiki tangga selama 15 menit setiap hari dengan kecepatan sedang dapat bermanfaat untuk mengelola gejala diabetes.

Baca juga: Ini Protokol Kesehatan saat Berolahraga di Tempat Publik 

3. Angkat beban

Memasukkan angkat beban ke dalam rutinitas olahraga mingguan terbukti bermanfaat bagi penderita diabetes. Latihan kekuatan dengan mesin beban, angkat beban, atau bahkan benda berat dapat menurunkan gula darah dan memperkuat otot dan tulang.

Memompa zat besi dua kali seminggu dapat dihitung sebagai latihan yang baik untuk pasien diabetes. Latihan push-up, sit-up, squat, lunges, dan dumbbell adalah beberapa latihan yang dapat Anda pilih.

4. Berjalan

Ini adalah aktivitas termudah yang bisa dilakukan demi kesehatan. Penderita diabetes tidak memerlukan bimbingan profesional atau membeli peralatan khusus untuk ini. Pakai saja sepatumu dan berjalan.

Jalan kaki adalah salah satu aktivitas yang paling banyak diresepkan untuk pasien diabetes. Jika ingin membuat sesi berjalan menarik, cobalah jalan cepat atau latihan interval.

Berjalan 30 menit per hari, lima hari seminggu, dengan kecepatan sedang dapat membantu mencapai tujuan.

Baca juga: Mau Punya Perut Rata? Coba 7 Gerakan Olahraga Ini 

5. Senam

Senam membangun kelenturan, kekuatan, keseimbangan, dan membantu orang dengan kondisi kronis, termasuk diabetes. Senam dapat membantu penderita diabetes tipe 2 untuk mengelola gula darah, kadar kolesterol, dan berat badan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini