5 Manfaat Durian untuk Kesehatan, Apa Saja Ya?

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 481 2357357 5-manfaat-durian-untuk-kesehatan-apa-saja-ya-NNNjIBOsWn.jpg Buah durian memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Healthfitness Revolution)

MANFAAT durian untuk kesehatan ternyata cukup banyak. Bagi para penikmat buah berduri ini pun harus mengetahuinya.

Durian sendiri merupakan buah yang sangat manis dan memiliki aroma menyengat. Lalu di dalamnya memiliki beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Di antaranya karbohidrat, serat, vitamin, mineral, dan protein.

Baca juga: Bisa Bikin Serangan Jantung, Berapa Banyak Makan Durian yang Aman? 

Lantas, manfaat apa saja yang bisa didapat dari durian? Simak penjelasannya, seperti dilansir Very Well Fit berikut ini.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Durian diperkaya kalium yang dapat menurunkan tekanan darah dan merupakan penyebab utama penyakit kardiovaskular. Selain itu, lemak tak jenuh dan serat yang dikandungnya merupakan nutrisi penting untuk kesehatan jantung.

Durian. (Foto: Freepik)

2. Mendukung kesehatan janin

Durian merupakan sumber folat dan vitamin B esensial yang baik untuk mendukung kesehatan perkembangan janin.

Baca juga: Asam Lambung Naik karena Makan Durian, Apa yang Harus Dilakukan? 

3. Mencegah nyeri sendi

Nyeri sendi dapat disebabkan karena kekurangan vitamin C. Ini bisa didapatkan dari buah durian karena memiliki kandungannya yang sangat tinggi.

4. Melancarkan pencernaan

Kandungan alami gula pada durian akan berfermentasi setelah terpapar bakteri usus selama dicerna. Kemudian akan bertindak sebagai prebiotik yang akan mendukung fungsi pencernaan dan kesehatan usus besar.

Baca juga: Tak Tahan Aroma Kelezatannya, Seekor Gajah Nekat 'Borong' 10 Durian 

5. Mencegah kekurangan nutrisi orang tua

Orang tua cenderung rentan malanutrisi karena nafsu makannya berkurang. Ini bisa diakali dengan mengonsumsi durian, sebab memiliki energi yang padat dan vitamin thiamin dalam jumlah melimpah, sehingga baik untuk menambah asupan nutrisi untuk pemakan terbatas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini