Share

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Dark Chocolate untuk Kesehatan

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Sabtu 06 Februari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 481 2357380 jarang-diketahui-ini-7-manfaat-dark-chocolate-untuk-kesehatan-oTSeR4oqL2.jpg Dark chocolate memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Alexander Stein/Pixabay)

DARK chocolate atau cokelat hitam ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, cokelat ini penuh nutrisi positif yang dapat memengaruhi kesehatan.

Dark chocolate terbuat dari biji pohon kakao yang merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik. Studi menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Punya Masalah Rambut Rontok? Coba Ngemil Cokelat Hitam Saja! 

Seperti dirangkum dari laman Healthline, Sabtu (6/2/2021), berikut ini manfaat cokelat hitam untuk kesehatan tubuh.

1. Bergizi

Dark chocolate mengandung jumlah serat larut yang layak dan mineral. Ini juga memiliki banyak potasium, fosfor, seng dan selenium. Cokelat hitam paling baik dikonsumsi dalam jumlah sedang. Cokelat ini juga mengandung stimulan seperti kafein dan teobromin, tetapi tidak membuat Anda terjaga di malam hari karena jumlah kafein sangat kecil dibandingkan dengan kopi.

Dark chocolate. (Foto: Nattiononlineng)

2. Sumber antioksidan yang kuat

Cokelat hitam mengandung senyawa organik yang aktif secara biologis dan berfungsi sebagai antioksidan. Ini termasuk polifenol, flavanol, dan katekin. Satu studi menunjukkan bahwa kakao dan cokelat hitam memiliki lebih banyak antioksidan, polifenol, dan flavanol daripada buah-buahan lain yang termasuk blueberry dan acai berry.

3. Meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah

Flavanol dalam dark chocolate dapat merangsang endotel, lapisan arteri, untuk menghasilkan oksida nitrat. Banyak penelitian menunjukkan kakao dan cokelat hitam dapat meningkatkan aliran darah serta menurunkan tekanan darah, meskipun efeknya biasanya ringan.

Baca juga: Pelatih Pemeran Avanger Ini Ungkap Manfaat Konsumsi Cokelat Sebelum Fitness 

4. Meningkatkan HDL dan melindungi LDL dari oksidasi

Mengonsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan beberapa faktor risiko penting penyakit jantung. Bubuk kakao dan cokelat hitam dipercaya dapat meningkatkan HDL dan menurunkan LDL total bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Cokelat hitam juga dapat mengurangi resistensi insulin yang merupakan faktor risiko umum lain dalam banyak penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

5. Mengurangi risiko penyakit jantung

Senyawa dalam cokelat hitam tampak sangat protektif terhadap oksidasi LDL. Dalam jangka panjang, hal ini akan menyebabkan lebih sedikit kolesterol yang tersimpan di arteri, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Masak Daging Kambing Dibumbui Dark Chocolate Suguhkan Cita Rasa Unik 

6. Melindungi kulit dari sinar matahari

Senyawa bioaktif dalam cokelat hitam juga bagus untuk kulit Anda. Flavonol dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit, dan meningkatkan kepadatan serta hidrasi kulit.

7. Meningkatkan fungsi otak

Satu studi terhadap sukarelawan yang sehat menunjukkan bahwa makan kakao flavanol tinggi selama lima hari meningkatkan aliran darah ke otak. Kakao juga mengandung zat stimulan seperti kafein dan teobromin yang mungkin menjadi alasan utama mengapa biji kakao dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini