Hilangkan Bekas Luka, Gunakan 6 Bahan Alami Ini Saja

Uthari Handayani, Jurnalis · Sabtu 06 Februari 2021 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 481 2357389 hilangkan-bekas-luka-gunakan-6-bahan-alami-ini-saja-cInVImTMWb.jpg Minyak zaitun salah satu bahan alami yang bisa menghilangkan bekas luka. (Foto: Racool Studio/Freepik)

BEKAS luka sejatinya tidak dapat hilang secara sempurna. Ini dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya jenis luka itu sendiri.

Jenis luka ada yang sekadar memiliki warna lebih gelap, bahkan menimbulkan kelebihan jaringan. Namun, tidak ada salahnya berusaha menghilangkan bekas luka dengan sedikit membuatnya tampak lebih baik.

Baca juga: Tak Pede dengan Bekas Luka Bakar? Sembunyikan Saja dengan Riasan 

Mengutip dari laman Healthline, Sabtu (6/2/2021), berikut ini beberapa bahan alami yang efektif menghilangkan bekas luka.

Lidah buaya. (Foto: Shutterstock)

1. Lidah buaya

Gunakan gel lidah buaya untuk dioleskan ke tempat bekas luka dengan gerakan memutar. Setelah setengah jam bersihkan dengan air dingin. Lakukan secara rutin dua kali sehari.

2. Minyak kelapa

Pijat bekas luka dengan minyak kelapa selama 10 menit dan biarkan menyerap minimal 1 jam. Ulangi dua sampai empat kali setiap hari.

Baca juga: Seniman Ini Ubah Bekas Luka Jadi Karya Seni yang Indah 

3. Cuka sari apel

Sebelum tidur, gunakan kapas yang dibasahi campuran 2 sendok makan cuka sari apel dan 4 sendok makan air. Biarkan mengering dan cuci di pagi hari.

4. Minyak zaitun

Campurkan 3 sendok minyak zaitun dengan 3 tetes minyak lavender dan pijatkan di bekas luka selama 5 menit. Bilas area tersebut setelah ditunggu selama 30 menit. Lakukan tiap tiga kali sehari.

Baca juga: Peneliti Ungkap Luka Pada Malam Hari Lebih Sulit Sembuh 

5. Lemon

Taruh irisan lemon pada bekas luka dan tunggu sekitar 10 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air dingin.

6. Kentang

Gosokkan irisan kentang pada bekas luka dan ganti dengan yang baru jika sudah mengering. Lakukan sekitar 20 menit dan bilas setelah mengering selama 10 menit.

Kentang. (Foto: Theconversation)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini