Musim Hujan, Dokter Ingatkan Bawa Jaket untuk Tangkal Cuaca Dingin

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 612 2357180 musim-hujan-dokter-ingatkan-bawa-jaket-untuk-tangkal-cuaca-dingin-PV89qes45G.jpg Musim Hujan. (Foto: Okezone)

SUDAH seminggu terakhir cuaca di sebagian besar daerah-daerah di Indonesia, termasuk Jakarta memasuki musim hujan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut cuaca buruk ini masih akan berlangsung hingga Maret.

Datangnya musim hujan, biasanya satu paket dengan penyakit musim hujan. Dikatakan oleh Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH., MMB., dokter spesialis penyakit dalam, musim hujan ini akan jadi musim yang menantang kesehatan bagi kelompok orang tertentu yakni orang-orang yang mempunyai alergi terhadap suhu dingin.

"Musim hujan suhu udara turun, jadi yang jelas terganggu adalah orang-orang yang memang punya alergi cuaca dingin. Bisa jadi ada yang alergi rhinitis, bersin-bersin pilek, asmanya kambuh, ada juga yang kulitnya jadi bentol-bentol kayak kaligata,” ungkap Profesor Ari, dikutip dari tayangan ‘Penyakit Musim Hujan di Tengah Pandemi Covid’ di akun Instagram pribadinya.

Bahkan jika suhu udara dinginnya terlalu ekstrem, tak jarang bisa berakibat tidak hanya sekadar mengigil. “Kalau terlalu ekstrem dinginnya, di orang-orang tertentu bisa sampai mimisan karena rongga hidungnya kering,” tambahnya.

musim hujan

Musim hujan di tengah pandemi Covid-19, ditegaskan Profesor Ari jadi tantangan yang tak mudah. Pasalnya, genangan air masih terjadi di sejumlah tempat saat hujan lebat terjadi.

“Terpenting adalah, terkait kemungkinan banjir, adanya kotoran-kotoran di lingkungan kita. Di satu sisi, gampang flu jadi bisa nular. Kita mesti hati-hati, imunitas turun di kondisi pandemi seperti ini,” jelas di.

Agar tak mudah sakit, Profesor Ari menyarankan setiap orang harus selalu membawa jaket ketika beraktivitas di luar rumah. Tujuannya, agar tubuh tidak terpapar langsung oleh udara dingin, yang bisa memicu timbulnya penyakit terutama bagi orang-orang dengan alergi cuaca dingin.

“Di kendaraan, dalam mobil itu juga sediakan jaket. Prinsipnya, kita jangan sampai terpapar langsung sama udara dingin. Tubuh perlu waktu untuk menyesuaikan, makanya sebaiknya tetap jangan terpapar langsung sama udara dingin,” pungkas Profesor Ari.

(mrt)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini