Penyebab Meninggalnya Firmanzah, Kenali 4 Gejala Penyakit Vertigo

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 06 Februari 2021 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 06 481 2357516 penyebab-meninggalnya-firmanzah-kenali-4-gejala-penyakit-vertigo-EEourwxe43.jpeg Ilustrasi Vertigo. (Foto: Shutterstock)

KABAR duka datang dari Rektor Universitas Paramadina, Profesor Firmanzah. Pria yang juga diketahui sebagai salah satu Guru Besar di Universitas Indonesia tersebut, diduga menghembuskan nafas terakhirnya karena mengidap penyakit vertigo.

Penyakit vertigo, sering kali dianggap sebagian banyak orang sebagai rasa sakit kepala biasa. Secara medis, vertigo sendiri adalah ketika kepala terasa pusing yang menimbulkan sensasi salah menganggap diri Anda atau lingkungan tempat kita berpijak berputar atau bergerak-gerak dengan sendirinya.

Lalu apa saja yang disebut sebagai penyebab timbulnya vertigo? Mengutip Healthline, Sabtu (6/2/2021) yang sudah ditinjau ulang oleh Dr. Meredith Goodwin, disebutkan ada empat penyebab umum munculnya vertigo yakni benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), infeksi, penyakit Meniere, dan migrain.

Vertigo

Pertama ada BPPV, yang dikatakan sebagai penyebab paling standar dari vertigo. BPPV inilah yang menciptakan sensasi berputar-putar, ini dipicu oleh adanya perubahan cepat pada gerakan kepala seperti pukulan di kepala. 

Penyebab kedua, ialah infeksi yang terjadi di saraf vestibular, yang disebut neuritis vestibular dan ini bisa menyebabkan vertigo yang terus menerus dan intens.

Adanya penyakit Meniere, dikatakan juga sebagai salah satu penyebab vertigo. Kondisi ketika ada cairan berlebih menumpuk di telinga bagian dalam, yang mana ini bisa memicu vertigo mendadak yang berlangsung selama beberapa jam. Lalu, terakhir migrain yang dapat menyebabkan vertigo hadir selama beberapa menit hingga beberapa jam.

Lantas, bagaimana dengan stres? Apakah stres yang dialami seseorang bisa juga memicu timbulnya vertigo? Well, dikatakan Dimitar Marinov, MD, PhD. stres sendiri memang dapat jadi salah satu faktor yang memperburuk vertigo itu sendiri. Tapi sifatnya, stres tidak bisa dijadikan sebagai faktor tunggal.

“Namun, stres berat dapat meningkatkan risiko stroke, yang dapat menyebabkan vertigo,” kata Dimitar Marinov, MD, PhD.

Untuk gejalanya, disebutkan Ilan Danan, MD, M.Sc keluhan utama dari vertigo tentunya adalah pusing yang biasanya tambah parah dengan adanya gerakan kepala. Ini sering digambarkan oleh orang yang mengidap, sebagai sensasi berputar. 

Baik ruangan tempat berpijak, ataupun objek benda-benda di sekitarnya. Selain itu, gejala vertigo sendiri meliputi adanya peningkatan keringat, rasa mual, hingga muntah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini