Waspada! 4 Asupan Ini Bisa Picu Sakit Kepala

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 07 Februari 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 06 481 2357806 waspada-4-asupan-ini-bisa-picu-sakit-kepala-1cO84bPWES.jpg Ilustrasi sakit kepala. (Foto: Peggy Marco/Pixabay)

SAKIT kepala dapat dialami siapa saja dan kapan saja. Sakit kepala dipicu banyak faktor, salah satunya bisa karena asupan yang dikonsumsi sehari-hari. Akan terlihat jelas jika sakit kepala muncul setelah makan atau minum.

"Bukan hal yang aneh jika asupan tertentu memicu migrain atau jenis sakit kepala lainnya," ungkap Noah Rosen MD, ahli neurologi, psikiatri, sekaligus pengobatan nyeri; seperti dikutip dari laman Everyday Health, Minggu (7/2/2021).

Baca juga: Kena Vertigo, Coba Atasi dengan Teh Jahe dan Madu 

Lalu apa saja asupan yang bisa memicu sakit kepala karena kandungan yang ada di dalamnya? Berikut ini daftarnya.

Ilustrasi sakit kepala. (Foto: Boldsky)

1. MSG

Monosodium glutamat (MSG), yang ditemukan dalam kecap dan sebagai bahan tambahan makanan di banyak makanan lain, telah ditemukan menyebabkan kram, diare, dan sakit kepala yang parah pada 10 hingga 15 persen orang yang mengalami sakit kepala migrain. Pasalnya, MSG yang asin dapat menyebabkan dehidrasi dan kemungkinan menjadi pemicu sakit kepala.

2. Daging olahan

Memang tidak ada penelitian bahwa daging menyebabkan sakit kepala, tetapi nitrit yang digunakan sebagai pengawet pada olahan daging dapat melebarkan pembuluh darah dan memicu sakit kepala setelah makan bagi beberapa orang.

Baca juga: Penderita Vertigo, Ini 6 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari 

3. Es krim

Beberapa orang mengalami sakit kepala setelah makan es krim. Tapi, bukan es krim yang memicu sakit kepala, melainkan itu adalah reaksi terhadap dingin. Makanan dingin, seperti es krim, mungkin menjadi pemicu migrain bagi orang-orang yang menderita migrain, tetapi bagi kebanyakan orang, rasa sakit itu akan hilang dengan cepat.

4. Kopi

Minuman yang menjadi favorit banyak orang ini ternyata bisa memicu sakit kepala. Namun, bukan kopinya yang menjadi penyebab, melainkan dosisnya. Sebab, sedikit kafein dapat membantu menghilangkan sakit kepala seperti migrain.

Kafein mungkin juga termasuk dalam beberapa obat migrain. Tetapi perlu dicatat bahwa terlalu banyak kafein bisa menjadi pemicu sakit kepala saat Anda berhenti mengonsumsinya.

Baca juga: Jadi Penyebab Meninggalnya Firmanzah, Kenali Beda Sakit Kepala Biasa dengan Vertigo 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini