Sering Insecure, Atasi dengan 5 Cara Ini Yuk!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Minggu 07 Februari 2021 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 06 612 2357767 sering-insecure-atasi-dengan-5-cara-ini-yuk-Z2KcQC1OMX.jpg Merasa insecure (Foto: The List)

Kadang seseorang merasa insecure alias tidak aman. Muncul perasaan takut ditinggalkan, takut tidak disukai, takut tidak diterima.

Walaupun ini adalah hal yang normal, namun jika Anda sering insecure sepanjang waktu, hal itu dapat mempengaruhi setiap aspek hidup Anda. Oleh karena itu perlu mengatasi insecure dengan membangun kepercayaan diri seperti dilansir dari Healthline.

 memikirkan diri sendiri

1. Coba memikirkan diri sendiri

Sebenarnya memperhatikan dan memikirkan orang lain memanglah baik adanya. Namun jika Anda selalu memperhatikan dan memikirkan kebutuhan orang lain dan melupakan kebutuhan Anda sendiri, Anda tidak cukup menghargai diri sendiri.

Berhentilah sejenak untuk memikirkan orang lain. Berhenti di sini bukan berarti Anda berhenti total untuk memikirkan orang lain, namun yang dimaksud adalah berhenti untuk istirahat dan mulailah memikirkan diri Anda sendiri.

Anda bisa mulai mencoba dengan menambah rutinitas yang baru dan bermanfaat untuk diri Anda sendiri. Seperti perawatan, yoga, gym, dan lain-lain. Sehingga dapat membuang pikiran negatif dan membangun kembali rasa percaya diri.

 

2. Hilangkan pikiran negatif

Menyalahkan diri sendiri karena Anda tidak sesuai dengan yang orang lain harapkan, akan membuat Anda terjebak dalam siklus negatif rasa malu dan membenci diri sendiri.

Cobalah berlatih menghilangkan pikiran negatif Anda dengan cara berterima kasih kepada diri sendiri karena sudah bertahan hari ini dan mulai memikirkan hal yang positif.

3. Lakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia

Prioritaskan menghabiskan waktu luang dengan melakukan hal-hal yang membuat Anda senang dan bahagia, entah itu membaca buku atau memasak makanan enak dari awal.

Lebih baik lagi, pertimbangkan untuk mempelajari keterampilan baru atau melakukan hobi yang selalu ingin Anda coba. Selain membuat Anda bahagia, menguasai keterampilan baru adalah pengingat yang baik tentang bakat dan minat Anda.

4. Fokus pada langkah kecil

Mengatasi rasa insecure dan membangun kembali rasa percaya diri tidak akan terjadi dalam semalam. Cobalah bersikap baik kepada diri sendiri selama proses ini dan jangan berkecil hati jika keadaan tidak membaik secepat yang Anda inginkan.

Meskipun Anda tidak merasa percaya diri hari ini, langkah kecil yang Anda lakukan sekarang pada akhirnya akan tumbuh menjadi langkah yang lebih besar dan membuat Anda terus maju.

5. Menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta

Dikelilingi orang-orang terdekat dan tercinta dengan penuh kasih dan suportif adalah hal yang baik untuk membangun kepercayaan diri Anda dan membuat Anda merasa diterima apa adanya.

Buat rencana untuk mengatur tanggal kumpul-kumpul dengan orang terdekat dan tersayang Anda walaupun hanya sekadar meminum kopi. Melihat diri sendiri melalui mata orang-orang yang peduli akan membantu Anda menghargai kualitas dan perspektif unik Anda sendiri.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini