Terungkap, Motif Batik Kawung Memiliki Makna Mendalam

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Minggu 07 Februari 2021 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 194 2357960 terungkap-motif-batik-kawung-memiliki-makna-mendalam-Tk80XecMGg.jpg Motif batik kawung (Foto: Youtube)

Batik merupakan salah satu hasil budaya yang menjadi ciri khas Indonesia. Motif batik sangatlah indah, salah satunya motif batik kawung.

Motif batik kawung merupakan motif yang berasal dari Kesultanan Yogyakarta Hadiningrat yang sudah ada sejak tahun 1755, abad ke-18. Motif kawung terinspirasi dari sejenis buah kelapa atau kolang-kaling. Makanya motifnya cenderung lonjong kecil-kecil.

batik kawung

Sejatinya makna filosofi dari motif kawung itu sangat dalam yaitu, kesempurnaan, kesucian, kemurnian, serta polanya yang geometris, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi orang lain pada setiap tingkah lakunya

Dikutip dari Youtube Cerita Batik, batik kawung juga merupakan salah satu pakaian terhormat sehingga tidak sembarang orang bisa memakainya.

Hal tersebut mengacu pada zaman kerajaan dahulu dimana orang yang berhak mengenakan pakaian bermotif kawung, hanyalah para abdi keraton yang dekat dengan raja beserta keluarganya. Bahkan seseorang yang mempunyai derajat setingkat punggawa (tumenggung) juga berhak untuk memakai kain dengan motif kawung.

Selain itu, Kawung sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya kawung sari, kawung sekar ageng, kawung sen, kawung picis, kawung beton, kawung buntal, kawung kembang, dan kawung seling.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini