3 Khasiat Teh Hijau Sencha Asal Jepang, Bikin Tubuh Makin Sehat

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 07 Februari 2021 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 481 2357810 3-khasiat-teh-hijau-sencha-asal-jepang-bikin-tubuh-makin-sehat-wXXsZJdS6i.jpg Teh hijau sencha. (Foto: Wikipedia)

SENCHA adalah teh hijau yang cukup terkenal di Asia. Teh hijau sencha berasal dari Jepang yang tidak melalui proses penggilingan dan tidak difermentasi. Karena itu, sencha telah lama dipercaya sebagai minuman yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Proses produksi teh hijau sencha dipercaya menghasilkan konsentrasi katekin yang tinggi. Katekin merupakan antioksidan yang terkait dengan banyak manfaat kesehatan.

Baca juga: Bau Badan Bikin Kamu Dijauhi? Coba Hilangkan dengan 4 Bahan Ini 

Antioksidan inilah yang membantu mencegah kerusakan sel dan genetik dengan menetralkan molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Berikut ini deretan khasiat teh hijau sencha untuk kesehatan tubuh, seperti dirangkum dari Livestrong, Minggu (7/2/2021).

Teh hijau sencha. (Foto: Wikipedia)

1. Mencegah sakit jantung

Kandungan polifenol dalam teh hijau seperti sencha membuatnya bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular, salah satunya mencegah sakit jantung.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of American Medical Association pada tahun 2006, konsumsi teh hijau dikaitkan dengan penurunan insiden kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Teh Hijau vs Teh Hitam, Mana Lebih Sehat? 

2. Mencegah kanker

Manfaat berikutnya yang tak kalah luar biasa dari teh hijau adalah mencegah kanker. Berdasarkan penelitian yang dilakukan JJ Johnson dari University of Wisconsin School of Pharmacy dan diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine edisi Januari 2010, polifenol teh hijau tampaknya menjanjikan untuk mencegah kanker prostat.

Peneliti dari Universitas Michigan juga mengungkap bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar. Namun perlu dicatat bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan efek teh hijau dalam mencegah kanker.

3. Mengurangi risiko terkena penyakit tertentu

Teh hijau sencha yang kaya akan antioksidan diyakini dapat merawat tubuh dengan dosis antioksidan yang sehat, sehingga dapat membantu menetralkan molekul berbahaya. Inilah yang dapat mengurangi risiko penyakit tertentu.

Baca juga: Teh Hijau Efektif Turunkan Berat Badan, Ini Cara Kerjanya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini