5 Pola Hidup Sehat yang Bisa Cegah Sakit Kanker

Diana Rafikasari, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 481 2358185 5-pola-hidup-sehat-yang-bisa-cegah-sakit-kanker-7WfXxtKVww.jpg Ilustrasi lambang kanker. (Foto: Shutterstock)

POLA hidup sehat bisa mencegah sakit kanker. Pasalnya, kanker tidak berkembang dalam sekejap dan pola hidup serta makanan sehat bisa membantu terhindar dari penyakit ini.

Berikut ini beberapa pola hidup sehat yang dapat membantu cegah sakit kanker, seperti dilansir dari Times Now News, Senin (8/2/2021).

Baca juga: Pentingnya Face Shield bagi Penderita Kanker di Tengah Pandemi 

1. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan tidak hanya membantu mencegah banyak penyakit seperti diabetes, penyakit kardiovaskular dan tiroid, tetapi juga terbukti melindungi dari kanker. Disarankan untuk melakukan 30 menit aktivitas fisik dalam rutinitas harian agar tetap bugar.

Makanan sehat. (Foto: Schantalao/Freepik)

2. Makan sehat

Bawang bombai, bawang putih, kacang-kacangan, dan ikan salmon memiliki nutrisi yang bisa membantu tubuh memproduksi sel atau agen pelawan kanker serta membantu mereka mati secara alami dan mencegahnya menyebar. Ikan, terutama salmon, dikemas dengan asam lemak omega-3 anti-inflamasi yang bertanggung jawab melawan kanker.

Minuman manis tidak hanya menyebabkan diabetes dan obesitas, tetapi juga penyebab terbesar kanker endometrium. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang terbiasa minum minuman manis memiliki peluang 87 persen lebih banyak untuk menderita kanker.

Brokoli dianggap sebagai makanan sehat pelawan kanker. Ahli gizi merekomendasikan untuk mengukusnya daripada merebus atau menggorengnya sebelum dikonsumsi karena mengandung komponen sayuran yang lebih sehat.

Banyak penelitian telah menemukan bahwa minum teh membantu menurunkan risiko kanker ovarium, payudara, prostat, dan paru-paru. ECGC, bahan kimia dalam teh hijau, bisa menjadi salah satu senyawa anti-kanker terkuat karena jumlah antioksidannya yang maksimal.

Baca juga: 4 Buah yang Baik Dikonsumsi Penderita Kanker, Bantu Proses Penyembuhan 

3. Jauhi rokok

Menggunakan tembakau, terutama rokok, dapat memicu terjadinya kanker. Bahkan jika Anda terpapar asap rokok, berisiko mengalami kanker. Konsultasikan dengan dokter untuk bantuan menghentikan segala jenis tembakau.

4. Vaksinasi

Pencegahan kanker termasuk kekebalan dari penyakit tertentu seperti hepatitis-B, HPV, HIV, dan hepatitis-C. Dapatkan vaksinasi dan jangan berbagi jarum suntik untuk mencegah penyakit penyebab kanker semacam itu. Lakukan pemeriksaan rutin tubuh untuk mendeteksi segala jenis risiko yang berhubungan dengan kanker dan menanganinya pada tahap awal.

5. Lindungi diri dari sinar matahari

Kanker kulit adalah kanker yang paling umum dan paling dapat dicegah. Salah satunya dengan menghindari keluar rumah antara pukul 10.00 dan 16.00. Lindungi diri Anda saat beraktivitas di bawah sinar matahari. Kenakan pakaian warna yang lebih gelap yang dapat memantulkan sinar ultraviolet dibandingkan dengan warna pastel. Selalu kenakan kacamata hitam saat berada di bawah sinar matahari.

Baca juga: Waspada! 3 Kanker Ini Sering Menyerang Anak-anak 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini