Bunda, Ini 5 Cara Alami Mengencangkan Kulit Usai Melahirkan

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 611 2357911 bunda-ini-5-cara-alami-mengencangkan-kulit-usai-melahirkan-NB0McAPxoR.jpg Usai melahirkan (Foto: Brock University)

Perut buncit selama masa kehamilan bunda dapat memengaruhi kulit. Saat perut membesar secara otomatis kulit ikut merenggang menyesuaikan ukuran perut. Apalagi usai melahirkan, beberapa perubahan seperti kulit kendur akan terjadi pada ibu-ibu.

Kulit kendur disebabkan adanya kulit yang kehilangan elastisitas. Memerlukan waktu cukup lama untuk mengembalikan bentuk kulit seperti semula.

Mungkin beberapa cara alami ini bisa mengencangkan kulit yang kendur pasca-melahirkan. Dilansir dari Boldsky, berikut ini caranya.

 banyak minum

1. Banyak Minum

Minum air secara teratur merupakan salah satu pengobatan sederhana dan penting untuk mengatasi kulit kendur. Pastikan Anda minum banyak air sebelum dan sesudah melahirkan karena air dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah kulit kendur. Air juga meningkatkan laju metabolisme dan membakar lemak lebih banyak.

Para ahli menyrankan minum 14-16 gelas air setiap hari, dibandingkan dengan biasanya 14 gelas per hari pada wanita.

2. Lebih banyak asupan protein

Untuk mengencangkan kulit perut yang kendur setelah hamil, Anda perlu membangun otot-otot. Meningkatnya otot dapat mengencangkan kulit secara otomatis. Dengan mengonsumsi makanan kaya akan protein dapat membantu membangun otot, serta sebagai pemasok nutrisi penting pada tubuh setelah melahirkan. Sertakan makanan, seperti kacang-kacangan, makanan laut, daging tanpa lemak, telur, dan produk kedelai.

3. Gunakan minyak pijat/losion

Losion memiliki kebaikan kolagen dan vitamin K, A, E, dan C yang efektif mengencangkan kulit perut, terutama setelah kehamilan. Mereka juga meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh area perut. Pijat dua kali hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Anda juga dapat menggunakan minyak nabati dengan kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi, seperti minyak almond, minyak kelapa untuk mengatasi stretch mark.

4. Olahraga

Lakukan olahraga karena ini dapat membantu mengencangkan kulit, serta bermanfaat untuk mencegah kulit kendur. Latihan kekuatan merangsang kontraksi otot yang membantu membangun kekuatan, juga membantu menghasilkan sel dan jaringan baru dalam tubuh. Beberapa olahraga yang mudah, seperti sit-up dan push-up, yoga, atau bergabung dengan kelas Pilates.

5. Eksfoliasi kulit

Ekfoliasi kulit dapat mengencangkan kulit dan menjaga kekencangan kulit. Kulit kendur di area perut dan payudara dapat diatasi dengan scrub. Scrub tidak hanya mengangkat sel-sel mati, tetapi juga melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga mencegah kulit kendur.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini