5 Tips Memilih Produk Kecantikan yang Ramah Kulit

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Minggu 07 Februari 2021 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 611 2358000 5-tips-memilih-produk-kecantikan-yang-ramah-kulit-tCmBYqocUo.jpg Merawat kulit (Foto: NDTV)

Merawat kulit dari dalam dibantu dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, serta air mineral yang cukup. Sedangkan, perawatan kulit dari luar bagi kebanyakan orang memilih menggunakan produk kecantikan, yang dianggap sebagai cara cepat untuk tetap tampil menawan.

Penggunaan rangkaian produk kecantikan  dapat menimbulkan reaksi terhadap kulit Anda. Seperti iritasi, ruam, atau alergi. Oleh karena itu, Anda harus mencari produk kecantikan yang ramah kulit.

Berikut ini beberapa tips memilih produk kecantikan yang ramah kulit seperti dilansir dari WebMD.

merawat kulit

1. Periksa label produk

Cari produk dengan bahan-bahan paling sedikit karena hal ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya reaksi buruk pada kulit Anda. Baca komposisi yang terkandung di dalam produk tersebut terlebih dahulu sebelum memasukkan ke dalam keranjang belanja Anda.

2. Lakukan uji tempel dahulu

Sebelum Anda mulai menggunakan produk baru, letakkan sedikit di bagian dalam siku Anda dan tunggu 48 hingga 72 jam. Jika Anda tidak melihat kemerahan, bengkak, gatal, atau rasa terbakar di tempat itu, Anda boleh menggunakannya.

3. Semprotkan dengan benar

Berikan wewangian pada pakaian, bukan pada kulit Anda. Hal ini mencegah reaksi kulit Anda terhadapnya dan dengan produk lain yang Anda gunakan.

4. Lihat respons kulit

Label "hipoalergenik", "teruji oleh dokter kulit", "uji sensitivitas", atau "tidak menyebabkan iritasi" tidak menjamin bahwa kulit Anda tidak akan bereaksi. Lihat dahulu respons kulit Anda setelah mengaplikasikan produk, untuk memastikan apakah produk tersebut aman dan cocok digunakan pada kulit Anda atau tidak.

5. Berhenti dan atasi

Jika kulit Anda bereaksi buruk terhadap produk kecantikan, segera hentikan penggunaannya. Anda dapat menggunakan krim hidrokortison untuk membantu meredakan peradangan. Atau, Anda mungkin memerlukan krim resep dari dokter kulit.

Berikut 2 reaksi kulit yang paling sering terjadi terhadap produk kecantikan:

1. Iritasi

Ini adalah reaksi kulit yang paling umum terhadap produk kecantikan, yang dapat menyebabkan kulit terasa terbakar, perih, gatal, dan kemerahan di area tempat Anda mengoleskan produk.

2. Alergi

Sensitivitas atau alergi terhadap bahan tertentu dalam produk menyebabkan kemerahan, bengkak, gatal, atau lecet pada kulit. Wewangian dan pengawet merupakan penyebab terbesarnya. Cari produk yang bertanda "bebas pewangi" atau "tanpa parfum". Sedangkan pengawet ada di hampir setiap produk yang mengandung air dan telah dikaitkan dengan alergi kulit. Tetapi, itu tidak berarti mereka menyebabkan reaksi alergi pada semua orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini