Beautypedia, Mengenal Micellar Water dan Manfaatnya bagi Kulit

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 07 Februari 2021 22:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 611 2358015 beautypedia-mengenal-micellar-water-dan-manfaatnya-bagi-kulit-CUojSJ5AYe.jpg Pakai micellar water (Foto: Bebeautiful)

Micellar water adalah produk perawatan kulit serbaguna yang telah menjadi favorit di antara para ahli kecantikan dan ahli kulit. Produk ini dibuat menggunakan air yang dimurnikan, pelembab seperti gliserin, dan surfaktan ringan, yang merupakan senyawa yang digunakan untuk membersihkan wajah.

Micellar water tidak hanya lembut tetapi juga sangat efektif menghilangkan kotoran, riasan, dan minyak untuk membantu membersihkan pori-pori sekaligus mengencangkan kulit.

Selain itu, micellar water juga bebas alkohol dan dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit sekaligus mengurangi iritasi dan peradangan, menjaga kulit tetap lembut, kenyal, dan halus.

Melansir Healthline, berikut beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari micellar water.

 merawat kulit

1. Meningkatkan hidrasi kulit

Sebagian besar, jenis micellar water mengandung senyawa pelembab seperti gliserin, yang telah terbukti membantu kulit mempertahankan kelembapan dengan lebih efektif.

Dalam sebuah penelitian, mengoleskan gliserin pada kulit yang teriritasi efektif untuk memulihkan hidrasi kulit dan meningkatkan fungsi pelindung alami kulit.

Ulasan lain melaporkan bahwa gliserin dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, melindungi dari iritasi, dan meningkatkan hidrasi bila dioleskan secara topikal .

2. Menghilangkan kotoran dan minyak

Micellar water biasanya digunakan sebagai pembersih wajah untuk membantu menghilangkan riasan, kotoran, dan minyak dari kulit. Hal ini disebabkan adanya misel, yaitu senyawa yang sangat efektif menghilangkan kotoran dan minyak untuk menjaga kulit tetap bersih.

Misel juga dapat meningkatkan permeabilitas kulit Anda, memungkinkan pembersih mencapai lapisan kulit yang lebih dalam. Gliserin telah terbukti meningkatkan permeabilitas kulit juga, yang dapat meningkatkan efektivitas senyawa pembersih dalam micellar water.

3. Baik untuk semua jenis kulit

Micellar water sangat serbaguna dan cocok untuk semua jenis kulit, terlepas dari apakah Anda memiliki kulit kering, berminyak, atau normal. Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau kondisi seperti rosacea, karena bebas dari bahan yang dapat mengiritasi kulit, seperti sabun dan alkohol.

4. Menjaga kulit tetap bersih

Micellar water dapat membantu menjaga kulit tetap bersih, terutama bagi mereka yang berjerawat, pori-pori tersumbat, atau noda membandel. Kondisi seperti jerawat sering kali disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat, yang bisa menjadi meradang dan berubah menjadi jerawat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini