Guys, Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan kala Merawat Kulit

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 06:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 611 2358219 guys-ini-5-kesalahan-yang-sering-dilakukan-kala-merawat-kulit-AG31znsi4S.jpeg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PRIA memang cenderung lebih cuek terhadap penampilan, apalagi soal perawatan kulit. Tapi, belakang tidak sedikit juga kaum Adam yang sudah mulai sadar akan pentingnya perawatan wajah.

Tapi, karena baru mencoba, mungkin ada beberapa kesalahan saat memilih produk atau bahkan penerapannya. Melansir dari Dapper Confidential, seorang dermatolog, Dokter David Lortscher membagikan beberapa kesalahan umum yang masih pria lakukan saat merawat kulit sekaligus solusinya. Simak dan segera perbaiki yuk.

Mencuci muka kurang bersih

Ini sering terjadi pada pria, terutama yang memiliki janggut. Residu dari sabun wajah dapat menumpuk padanya. Penting sekali untuk mencuci wajah hingga dagu agar terhindar dari penumpukan sel kulit mati dan iritasi kulit, atau lakukan eksfoliasi sekali-kali tapi rutin.

Wajah pria

Salah cara bercukur

Kesalahan dalam mencukur bisa menimbulkan in-grown hair atau pertumbuhan rambut dalam kulit. Sehingga menimbulkan benjolan jerawat. Perhatikan langkah-langkah mencukur yang baik dan benar.

Dimulai dari membasahi janggut dengan krim cukur selama beberapa menit, lalu cukur sesuai arah tumbuhnya. Lakukan dengan lembut tanpa memberikan terlalu banyak tekanan pada alatnya. 

Sementara untuk mengobati jerawatnya, bisa dilakukan dengan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan benzoil peroksida, asam salisilat, tretinoin, asam azelaic, dan klindamisin.

Tidak segera mandi setelah olahraga

Setelah olahraga tentunya badan akan berkeringat. Di mana itu adalah salah satu penyebab berkembang biaknya bakteri yang menimbulkan jerawat. Sehingga penting sekali untuk segera membersihkan tubuh setelahnya untuk mencegah masalah kulit. Terutama pada bagian wajah dan punggung. 

“Jangan lupa juga untuk berganti pakaian baru yang bersih. Saya tidak menyarankan penggunaan tisu pembersih karena cenderung mengiritasi kulit yang panas dan berkeringat,” jelas Lortscher.

Produk rambut yang tidak cocok

Produk perawatan rambut seringkali mengandung alkohol yang dapat mengiritasi kulit. Jika terjadi pada diri sendiri, berhentilah memakainya dan cari produk baru yang lebih aman. 

Tidak mengganti sarung bantal

Berikan perhatian pada barang-barang sekitar yang bisa menimbulkan risiko jerawat, salah satunya bantal. Mengganti sarung bantal dapat menurunkan kemungkinan berkembangnya bakteri.

“Saya sarankan untuk melakukannya seminggu sekali atau lebih sering jika Anda orang yang sering berkeringat,” kata Lortscher.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini