Lezatnya Bebek Siram Crispy, Menu Imlek yang Rendah Kolesterol

Rahmat Ilyasan, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 298 2358330 lezatnya-bebek-siram-crispy-menu-imlek-yang-rendah-kolesterol-fFnEx9t3lB.jpg Bebek siram crispy rendah kolesterol. (Foto: Ramhat Ilyasan/iNews)

IMLEK tidak lama lagi diperingati. Berbagai makanan siap dihidangkan. Salah satunya bebek siram crispy ala Hong Kong. Makanan ini dikenal rendah kolesterol dan bisa jadi menu pilihan kumpul bersama keluarga tercinta.

Menu masakan yang disediakan di sebuah tempat makan di kawasan Darmo, Surabaya, Jawa Timur, ini bisa jadi favorit. Bebek siram crispy yang disajikan menggunakan bumbu sederhana, namun dimasak dengan cara unik, yakni disiram air panas dan dipanggang lalu disiram lagi dengan minya goreng agar rasanya gurih dan nikmat.

Baca juga: Chef Arnold Berbagi Tips Memasak Daging Bebek agar Lebih Crispy, Penasaran? 

Menu masakan yang satu ini bisa jadi alternatif untuk makan bersama keluarga dalam merayakan Imlek. Hidangan ini menggunakan bumbu sederhana, namun dimasak oleh seorang juru masak profesional dengan cara unik, yakni disiram air panas, lalu disiram lagi menggunakan bumbu, kemudian dipanggang dan disiram kembali dengan minyak panas.

Bebek siram crispy rendah kolesterol. (Foto: Ramhat Ilyasan/iNews)

Sementara bumbunya menggunakan daun bawang, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kapulaga, daun salam, dan saus tiram. Ini jadi bahan baku bumbu menu bebek panggang siram yang dikenal crispy.

Baca juga: Peternak Lepaskan 10 Ribu Bebek untuk Bersihkan Ladang dari Hama 

Meski menggunakan bumbu sederhana, cara mengolah menu bebek ini cukup unik. Seluruh bumbu yang telah dihaluskan dengan blender, ditambahkan saus tiram dan diaduk sampai rata. Selanjutnya bumbu yang telah siap, dimasukkan ke perut seekor bebek yang telah dibersihkan.

Setelah bumbu diisikan, perut bebek kemudian dijahit hingga rapat. Bebek yang telah berbumbu ini selanjutnya disiram dengan air panas, kuah bumbu rempah, dan dikeringkan dengan kipas sampai bumbu meresap selama 30 menit.

Setelah mengering, bebek selanjutnya dimasukkan ke panggangan sampai matang sekira 45 menit hingga 1 jam. Setelah matang, bebek panggang ini selanjutnya disiram dengan minyak panas hingga kulitnya menjadi renyah atau crispy. Dengan kulit yang crispy, maka bebek panggang siram ini dipotong-potong dan siap disajikan.

Selain gurih, menu bebek panggang siram yang crispy ini memmiliki kandungan kolesterol yang rendah. Pasalnya, seluruh minyak lemak telah luntur sejak dipanggang selama 45 menit hingga 1 jam.

Baca juga: Resep Chicken Drum Stick untuk Buah Hati, Lezat dan Unik Lho 

"Menu bebek panggang ini terasa crispy, namun lembut dagingnya. Selain gurih, bebek panggang yang dimasak dengan cara unik ini bisa jadi menu favorit saat merayakan Imlek bersama keluarga," ungkap Chef Juwair yang membuat bebek siram crispy ini, Senin (8/2/2021).

Anda bisa membuat menu makanan ini sendiri di rumah. Bisa juga datang ke sebuah tempat makan di kawasan Jalan Raya Darmo, Surabaya. Dijamin suasana Imlek makin meriah dengan dirayakan bersama keluarga.

Baca juga: Musim Hujan Paling Pas Makan Bakso Ayam Kuah Gurih, Yuk Simak Resepnya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini