MPASI Ikan Teri Bagus untuk Tulang Bayi Loh Bund

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 09 Februari 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 298 2358846 mpasi-ikan-teri-bagus-untuk-tulang-bayi-loh-bund-sjifso4G6H.jpg Ilustrasi. (Foto: Crystalofthesea)

IKAN teri atau anchovy, mungkin sangat jarang dimanfaatkan Bunda untuk menu MPASI. Padahal Bund, ikan teri bagud untuk tulang si kecil loh.

Ikan teri disebut-sebut kaya akan kalsium. Sementara tulang membutuhkan asupan kalsium cukup.

Tulang merupakan organ yang sangat penting, dan kebutuhan kalsium ini dibutuhkan seumur hidup. Tulang sebagai penopang tubuh, tempat menempel otot untuk bergerak, pembentuk postur tubuh serta pelindung organ lain di dalam tubuh.

Selain itu, tulang juga berfungsi untuk menyimpan mineral dan menghasilkan sel darah. Sementara tulang bayi dalam masa pertumbuhan, sehingga butuh asupan kalsium cukup.

 Teri

Asupan kalsium ini menjadi penting untuk didapatkan si kecil melalui makanannya. Dengan kebutuhan kalsium bertahap sesuai kelompok umurnya, yaitu 6-11 bulan, membutuhkan 270 mg kalsium, umur 1-3 tahun membutuhkan 650 mg kalsium, umur 4-6 tahun membutuhkan 1000 mg kalsium dan 7-9 tahun 1000 mg kalsium.

Dijelaskan Pakar Gizi dr Putri Sakti DP,M Gizi, SpGK, ikan teri nasi atau anchovy ternyata merupakan bahan MPASI yang sangat bermanfaat. Karena memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.

"Banyak orangtua membutuhkan pengetahuan tentang MPASI, yang dapat membantu dalam proses pemenuhan kalsium," katanya lewat keterangan tertulisnya.

Dokter Putri juga memberikan tips bagaimana cara memilih ikan untuk MPASI. Pilih ikan yang masih segar, ikan bertulang besar atau ikan bertulang lunak dan lembut.

"Hindari ikan yang tinggi kandungan merkuri dan berpengawet. Lalu masak ikan hingga matang dan lunak," kata dia.

Dilansir dari Crystal of the Sea, jika ingin praktis, ikan teri bubuk yang praktis bisa ditambahkan ke MPASI si kecil. "Walaupun olahan, tetap aman dikonsumsi anak-anak mulai dari 6 bulan," kata Kenji Kusuma.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini