Vertigo Sebabkan Kematian? Ini Penjelasan Dokter

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 481 2358543 vertigo-sebabkan-kematian-ini-penjelasan-dokter-WOJANv4LZN.jpg Vertigo (Foto: Total Physio)

Pembahasan soal vertigo hangat dibahas masyarakat belum lama ini karena Rektor Universitas Paramadina, Firmanzah meninggal akibat penyakit tersebut. Vertigo sendiri biasa disebut dengan istilah pusing tujuh keliling.

Menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana vertigo bisa menjadi penyebab kematian?

 vertigo

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, SpPD, menjelaskan bahwa vertigo itu sendiri sebenarnya bukanlah diagnosis penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit.

"Vertigo sebagai satu diagnosis yang tertulis pada klasifikasi internasional penyakit (ICD-10) adalah benign paroxysmal positional vertigo (BPPV). Pasien dengan BPPV mempunyai gejala utama vertigo," terang dr Ari melalui keterangan tertulis pada Okezone, Senin (8/2/2021).

Vertigo terjadi saat pasien berguling atau bangun tiba-tiba dan biasanya vertigo yang muncul juga disertai mual. Penyakit BPPV ini terjadi karena ada masalah di telinga. Pasien-pasien ini biasanya mengalami vertigo secara kronis dan perlu dikonsulkan ke dokter telinga hidung tenggorokan (THT) untuk evaluasi lebih lanjut.

"Berbagai penyakit lain yang bisa menyebabkan terjadinya vertigo antara lain karena gangguan pada otak. Penggunaan obat-obat tertentu misal antidepresi, obat penenang, atau obat tidur bisa menyebabkan terjadinya vertigo. Pasien kadang kala mengeluh seperti melayang saat mengonsumi obat tersebut," tambah dr Ari.

Vertigo yang muncul bisa ringan hingga sedang. Vertigo ringan bisa terjadi pada perubahan posisi tertentu misal saat Anda menunduk atau sujud terlalu lama dan saat bangun bisa mencetuskan terjadinya vertigo. Lalu, pada kondisi kurang tidur dan juga saat tekanan darah rendah, akan timbul pusing melayang.

"Selain itu ketika otak kekurangan darah dalam waktu singkat misalnya karena masalah jantung antara lain karena serangan jantung, gangguan irama jantung yang mendadak, vertigo bisa muncul," kata dr Ari.

Vertigo bisa terjadi ketika tubuh dehidrasi atau kurang minum bisa terjadi pada pagi hari apalagi jika Anda menggunakan AC dan tubuh terpapar langsung dengan suhu dingin yang akan menyebabkan terjadinya dehidrasi di pagi hari. Oleh karena itu selalu dianjurkan pada saat bangun pagi bangun secara perlahan dan segera minum 1-2 gelas air putih untuk rehidrasi tubuh.

"Tidak hanya itu, kadar gula darah yang rendah atau hipoglikemia bisa menyebabkan timbulnya vertigo, karena kesibukan seseorang bisa lupa makan dan minum bisa menyebabkan terjadinya vertigo," tambahnya.

Ia melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu diketahui masyarakat seputar vertigo ini, di mana pasien harus segera berobat ke dokter yaitu apabila vertigo disertai dengan nyeri dada, sesak nafas, sakit kepada hebat, mual muntah, denyut jantung cepat, bicara menjadi tidak jelas, bahkan sampai kejang-kejang.

"Kalau sudah begitu, maka pasien harus segera dibawa ke rumah sakit. Karena bisa saja vertigo yang muncul tersebut adalah gejala serangan jantung atau stroke yang bisa berujung kematian pada pasien yang menderita vertigo mendadak," ujarnya.

Di sisi lain, almarhum Firmanzah diketahui memiliki penyakit lain yaitu sakit jantung dan GERD (salah satu penyakit yang berhubungan dengan asam lambung). Sebelum tak sadarkan diri, almarhum mengalami vertigo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini