Jarang Diketahui, 8 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Merusak Kulit Wajah

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 09 Februari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 481 2358563 jarang-diketahui-8-kebiasaan-sehari-hari-ini-bisa-merusak-kulit-wajah-A8Pp1ueHyQ.jpg Ilustrasi kulit wajah mengalami masalah. (Foto: Boldsky)

MENJAGA kulit wajah tetap sehat diperlukan perawatan yang rutin setiap hari. Mulai mencucinya dengan sabun hingga menggunakan masker wajah.

Namun tahukah Anda, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang justru bisa merusak kulit wajah? Tanpa sadar dan mungkin jarang diketahui, ini bisa saja membuat kulit wajah jadi kusam dan berkerut.

Baca juga: Guys, Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan kala Merawat Kulit 

Mengutip dari laman Insider, Selasa (9/2/2021), berikut ini kebiasaan sehari-hari yang harus dikurangi mulai sekarang demi menjaga kesehatan kulit wajah.

Ilustrasi kolam renang. (Foto: Mirror)

1. Terlalu lama di dalam kolam renang

Sensasi berenang memang menyegarkan dan sudah dipahami bahwa wajib mengoleskan tabir surya sebelumnya. Namun ternyata itu tidak seutuhnya melindungi kulit dari sengatan sinar matahari karena minyak alami tubuh bisa terpengaruh oleh efek klorin. Klorin digunakan untuk menghindari bakteri pada air kolam tapi bisa menghilangkan minyak alami kulit dan rambut sehingga membuatnya gatal dan sensitif. Maka itu, penting membatasi waktu berenang dan langsung membilas tubuh setelahnya.

2. Tidur menyamping

Dokter kulit Joel Schlessinger mengatakan, "Orang yang tidur menyamping sering kali melihat kerutan atau lipatan di sisi wajahnya, baik di pipi dan dagu." Untuk menghindarinya, cobalah tidur menyamping secara bergantian atau dalam posisi telentang.

3. Efek obat alergi

Obat alergi bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Ini bisa dipastikan jika muncul berbarengan saat Anda mengonsumsinya. "Khususnya semprotan steroid dapat menyebabkan masalah pada orang-orang tertentu yang berjerawat atau rawan rosacea," jelas dokter kulit Elizabeth Tanzi MD.

Baca juga: Malu Punya Tahi Lalat di Wajah? Hilangkan dengan 3 Bahan Alami 

4. Terlalu banyak makan makanan manis

Makanan manis berarti asupan yang tinggi gula. Di mana ini menjadi penyebab utama perubahan kulit seperti rapuh dan hilangnya elastisitas. "Ini mirip dengan yang terjadi saat stres yang akan merusak serat kolagen dan elastin kulit," ungkap dr Melissa Piliang.

5. Merokok

Merokok dapat menyebabkan kulit kendur di bawah mata hingga warna kulit tidak merata dan kerutan. Ahli dermatologi Hadley King mengatakan, "Merokok adalah salah satu hal terburuk yang dilakukan untuk membuat kulit terlihat menua sebelum waktunya."

Baca juga: 5 Rutinitas Kecantikan Wajib Sebelum Tidur, Bikin Wajah Awet Muda 

6. Menggunakan hairspray untuk riasan

Hairspray atau semprotan rambut sering dianggap sebagai tip dan trik untuk membuat riasan. Tapi nyatanya, hairspray mengandung repelan dan alkohol yang dapat mengiritasi kulit, sehingga membuatnya gatal, merah, dan bergelombang.

7. Tidur tanpa menghapus riasan

"Riasan dapat menjebak polutan dan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini," ungkap ahli kulit Matthew Knight. Ini termasuk menyumbat pori-pori, iritasi mata, dan kulit kering.

Baca juga: Bingung Cari Produk Perawatan Wajah, Coba Saja Bahan Alami Ini 

8. Mandi menggunakan air panas

Penggunaan air panas saat mandi dan durasi yang lama akan menyebabkan kulit kering. Selain itu, berpotensi membuat kulit wajah kemerahan, mengelupas, gatal, dan eksim yang meningkat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini