10 Rekomendasi dari Ilmuwan Harvard agar Selamat dari Kanker

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 18:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 481 2358718 10-rekomendasi-dari-ilmuwan-harvard-agar-selamat-dari-kanker-mV1ERZp1i0.jpg Ilustrasi Survivor Cancer. (Foto: Shutterstock)

KANKER masih menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia. Beberapa jenis kanker, bahkan belum memiliki obat dan sangat sulit disembuhkan.

Oleh karena itu, deteksi kanker sejak dini memang baik dilakukan. Tapi yang lebih baik, tentunya adalah melakukan sederet pencegahan agar terhindar dari kanker.

Lalu langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit kanker? Mengutip Health Harvard, berikut ulasan singkat 10 langkah yang direkomendasikan para ilmuwan di Harvard School of Public Health.

Jauhi tembakau

Menjauhi tembakau bukan hanya dalam bentuk rokok, tapi dalam segala bentuknya, termasuk paparan asap rokok.

Makan dengan tepat

Kurangi konsumsi lemak jenuh dan daging merah, yang dapat meningkatkan risiko kanker usus besar dan kanker prostat yang lebih parah. Sebisa mungkin perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

kanker

Olahraga teratur

Aktivitas fisik disebut ada hubungannya dengan penurunan risiko kanker usus besar loh! Olahraga juga disebutkan memiliki kemungkinan bisa mengurangi risiko wanita terkena kanker payudara dan kemungkinan kanker reproduksi. Secara umum, olahraga akan membantu melindungi kesehatan tubuh meskipun berat badan tidak turun.

Usahakan tubuh tetap ramping

Obesitas meningkatkan risiko berbagai jenis kanker. Jika Anda perlu menurunkan berat badan, konsumsi lebih sedikit kalori dan bakar lebih banyak dengan olahraga.

Batasi minuman alkohol

Batasi konsumsi minuman beralkohol dengan cukup satu gelas sehari. Tahukah Anda, konsumsi alkohol yang berlebihan bisa meningkatkan risiko kanker mulut, laring (kotak suara), esofagus (pipa makanan), hati, dan usus besar, hingga kanker payudara pada wanita.

Hindari paparan radiasi

Sebisa mungkin lindungi diri dari radiasi ultraviolet di bawah sinar matahari, yang dikatakan dapar meningkatkan risiko melanoma dan kanker kulit lainnya.

Menghindar dari racun industri

Hindari terpapar racun industri dan lingkungan seperti serat asbes, benzena, amina aromatik, dan bifenil poliklorinasi (PCB).

Jauhi infeksi yang berhubungan dengan kanker

Hindari infeksi yang berkontribusi terhadap kanker, contohnya seperti virus hepatitis, HIV, dan human papillomavirus. Untuk jalur transmisi, banyak yang ditularkan secara seksual atau melalui jarum suntik yang terkontaminasi.

Tidur berkualitas

Jadikan tidur yang berkualitas sebagai prioritas dalam hidup. Walau tak berhubungan langsung, tapi ingat tidur yang buruk dan kurang tidur berhubungan dengan penambahan berat badan, yang merupakan faktor risiko kanker.

Cukup vitamin D

Asupan vitamin D yang cukup disebutkan terbukti menunjukkan bisa membantu mengurangi risiko kanker prostat, kanker usus besar, dan penyakit ganas lainnya. Mencukupi kebutuhan vitamin D harian, bisa dengan rutin berjemur, mengonsumsi makanan bergizi dengan kandungan vitamin D, kemudian didukung dengan konsumsi suplemen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini