6 Makanan Ini Bisa Percepat Penurunan Imun Anda Loh

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 612 2358602 6-makanan-ini-bisa-percepat-penurunan-imun-anda-loh-G6DOMekUae.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENJAGA agar imunitas tubuh tetap baik dan kuat, memang hal penting di tengah pandemi Covid-19. Ketika imunitas tubuh kuat, maka ini akan menjadi tentara untuk melawan penyakit Covid-19.

Salah satu cara untuk menjaga imun tubuh tetap baik, adalah dengan tidak mengonsumsi makanan dan juga minuman yang dapat menurunkan atau melemahkan imun tubuh.

Lantas, apa saja makanan dan minuman yang diketahui bisa melemahkan imun tubuh kita? Mengutip Health dan Today, Senin (8/2/2021) berikut paparan singkat 6 jenis makanan dan minuman yang bisa melemahkan imun.

Garam berlebihan

Studi penelitian dari University Hospital of Bonn, menunjukkan bahwa terlalu banyak garam bisa menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh. Para peneliti menemukan, ketika ginjal mengeluarkan kelebihan natrium maka efek domino terjadi, yakni mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakteri.

imunitas

Mengonsumsi gula terlalu banyak

Memangkas porsi asupan gula adalah ide yang sangat baik, bukan hanya untuk kesehatan mental tapi juga bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh kita.

Dalam studi penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, didapati bahwa setelah puasa semalaman, orang yang diberi makan 100 gram gula mengalami penurunan kemampuan sel kekebalan untuk menelan bakteri. Efek terbesarnya ditemukan antara satu dan dua jam kemudian, tetapi bisa bertahan hingga lima jam.

Alkohol

Bukan rahasia lagi jika terlalu banyak makan dan minum alkohol memang bisa menurunkan imun. Mengonsumsi alkohol terlalu banyak dengan peluang yang lebih besar bisa terkena infeksi pernapasan. Untuk perempuan, cukup satu gelas dalam sehari dan dua gelas dalam sehari untuk pria.

Makanan olahan

Makanan yang dibuat dengan proses pengolahan yang berat ini, disebutkan bisa mengubah respons metabolisme pada tubuh dan pada akhirnya dapat membuat kita lebih rentan terhadap infeksi serius. Salah satu contoh heavily processed foods ini adalah seperti makanan cepat saji, pizza, dan keripik.

Kelebihan konsumsi kafein

Meski kafein, contohnya teh dan kopi itu punya tingkat antioksidan tinggi. Tapi ingat, terlalu banyak makan atau minum kafein dapat mengganggu tidur, dan akibatnya dapat meningkatkan peradangan serta menurunkan imun tubuh kita.

Agar imun tidak turun, hindari mengonsumsi kafein bersamaan dengan gula atau pemanis buatan, seperti soda dan minuman energi. Saat minum kopi atau teh, pastikan waktu minumnya punya jarak selama enam jam sebelum waktu tidur, agar mencegah terjadinya gangguan tidur.

Tidak makan serat

Serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan yang baik, tapi juga membantu mengubah susunan bakteri usus dengan cara yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh bahkan mood alias suasana hati. Penelitian menunjukkan bahwa asupan serat makanan dan prebiotik yang lebih tinggi itu mendukung fungsi kekebalan yang lebih sehat, termasuk perlindungan dari serangan virus.

Serat yang cukup juga membuat tidur lebih nyenyak loh! Rekomendasi harian, wanita minimal 25 gram per hari dan 38 gram per hari untuk pria. Untuk meningkatkan asupan serat, caranya bisa dengan banyak makanan utuh, termasuk sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan seperti lentil, kacang polong, buncis.

Alih-alih sarapan dengan sereal manis, tukar dengan oatmeal ber-topping buah dan kacang-kacangan, tukar nasi putih dengan beras coklat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini