7 Tanda Anda Sudah Sembuh dari Depresi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 09 Februari 2021 04:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 612 2358618 7-tanda-anda-sudah-sembuh-dari-depresi-u5T8CA1pM0.jpg Sembuh dari depresi dan kembali bahagia (Foto: Freepik)

Depresi bisa menjadi hal yang sangat buruk. Mulai dari menjauhkan Anda dengan orang yang Anda cintai hingga menghancurkan ketenangan pikiran Anda, ini bisa berbahaya dalam jangka panjang.

 Depresi juga bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Oleh karena itu perlu segera ke psikolog atau ke psikiater jika merasa depresi.

mengalami depresi

Namun jika Anda seorang penyintas dan ingin tahu apakah Anda sudah sembuh dari depresi, berikut beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda sudah sembuh dari depresi seperti dilansir Times of India.

1. Lebih sedikit amarah

Depresi dapat memicu perubahan suasana hati yang tiba-tiba, mulai dari ledakan emosi yang ekstrem hingga kemarahan dan keganasan yang tidak terkendali. Seseorang yang menderita perubahan suasana hati yang depresif tidak memiliki kemampuan untuk berpikir secara rasional dan karena itu tidak dapat menjelaskan tindakan mereka.

Namun, begitu Anda mulai pulih, Anda akan mengalami sedikit atau berkurangnya amarah. Anda akan lebih rasional dan memiliki kemampuan untuk melihat sesuatu dengan pandangan yang positif.

2. Tak mudah tersinggung

Mudah kesal atau frustrasi adalah tanda depresi lainnya. Namun, saat Anda memulihkan diri dari hal yang tersebut, Anda cenderung menjadi lebih positif dan ramah.

Tidak seperti diri Anda sebelumnya, Anda akan terbuka terhadap pendapat orang yang bertentangan dan akan siap berdialog daripada mengungkapkan kekesalan Anda.

3. Mempersiapkan makanan Anda sendiri

Kesedihan, kecemasan, dan depresi dapat mempengaruhi aktivitas mental dan fisik Anda. Itu bisa membuat Anda malas memasak dan makan sehat. Saat Anda depresi, Anda cenderung memesan makanan dari luar karena merasa tak ada energi untuk memasak. Sebab Anda cenderung tenggelam dalam rasa sedih yang dalam.

Tetapi begitu Anda mulai sembuh dan pulih, Anda akan jadi antusias dalam memasak berbagai makanan sehat dan lezat!

4. Kembali merawat diri

Depresi hingga merasa putus asa membuat Anda berhenti merawat diri sendiri dan lingkungan sekitar. Namun begitu Anda menyadari bahwa diri Anda sangat berharga dan pantas dicintai maka Anda akan mulai merwat kecantikan Anda dan kesehatan Anda.

5. Melakukan aktivitas menyenangkan

Begitu Anda pulih dari depresi, Anda akan kembali melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan hati Anda seperti traveling, memasak, melukis, atau nongkrong bersama kawan-kawan tercinta.

6. Meningkatkan interaksi sosial dengan teman dan keluarga

Depresi dapat menyebabkan isolasi dan keterasingan yang sangat ekstrem. Seseorang merasa lebih nyaman tinggal dalam dunia kelamnya sendiri. Namun, jika Anda sembuh dari depresi, Anda akan merindukan teman-teman tercinta dan keluarga Anda.

Anda lebih suka hadir ke pertemuan sosial serta momen yang seru. Anda akan merasakan kenyamanan dan kehangatan di hadapan orang yang Anda cintai.

7. Tak ada keinginan bunuh diri

Orang yang sedang depresi kadang-kadang merasa ingin bunuh diri karena merasa hidupnya sudah tak berguna lagi. Namun jika Anda sudah sembuh dari depresi maka tak ada keinginan bunuh diri lagi, Anda malah ingin menikmati hidup lebih lama lagi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini