Selain Kuyang, Ini 4 Hantu Paling Menakutkan asal Kalimantan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 612 2358673 selain-kuyang-ini-4-hantu-paling-menakutkan-asal-kalimantan-14kD5jWqPu.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BARU-BARU ini, media sosial kembali digegerkan dengan kemunculan foto yang menampilkan detik-detik penampakan kuyang oleh sekelompok warga. Informasi ini dibagikan akun Twitter @fikaaa_cha.

Ada dua foto yang dia unggah, keduanya sangat menakutkan. Di foto pertama, bisa terlihat awalnya si kuyang itu berada di atas pohon dekat dengan rumah warga. Menurut beberapa informasi, kuyang memang kerap ada di atas rumah karena dia menanti mangsa yang siap dia bunuh.

Kemudian, di foto kedua, warga berhasil menangkap kuyang tersebut dan terlihat jelas bagaimana bentuk hantu asal Kalimantan itu. Organ bagian dalamnya terurai begitu saja dan rambut panjangnya tak terawat.

Bicara soal mistis, Kalimantan memang dikenal sebagai salah satu daerah paling angker di Indonesia. Selain kuyang, ada banyak hantu-hantu legendaris dari pulau ini, berikut MNC Portal rangkumkan ulasannya sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Hantu mariaban

(Ilustrasi-Youtube/Cupstuwerd)

Mariaban

Menurut kepercayaan lokal, Mariaban merupakan sesosok makhluk halus dengan postur tubuh besar dan berwarna merah darah. Mariaban biasanya ditemukan di daerah pedalaman. Namun menariknya, bulu makhluks ini dapat digunakan sebagai jimat untuk memikat lawan jenis. Wow banget!

Rabing

Wujud makhluk halus memang berbeda-beda ada yang menyerupai siluman, ada yang menyerupai manusia, bahkan ada yang menyerupai benda-benda mati seperti tikar. Aneh bukan? Tapi di Kalimantan, makhluk ini dipercaya kerap menampakkan wujudnya di sungai.

Nama lainnya adalah Rabing. Terkadang, ia juga merubah wujudnya berupa penyu sungai dengan cangkang lunak. Konon, jika bertemu rabing di sungai, ia akan menggulung korbannya hingga mati lemas.

Anak Sima

Terakhir ada kisah mistis tentang Anak Sima. Menurut kepercayaan lokal, Anak Sima merupakan setan penasaran yang berasal dari anak kapang (anak yang terlahir dari hasil perzinahan). Karena kelahirannya tidak diharapkan, sang ibu membuangnya ke hutan belantar. Alhasil, bayi ini dikabarkan menangis keras hingga mengundang perhatian Takau, hantu paling hebat di si Tanah Borneo.

Sima akhirnya dipelihara oleh Takau dan didiberi sejumlah ilmu sakti. Salah satunya ilmu pengasih yang akan membuat orang terpesona dengan suara tangisannya dan tertarik untuk mencari asal suara. Saat ditemukan, Anak Sima akan menjalankan aksinya yakni, memakan jantung sang korban.

Hantu

(Ilustrasi-Youtube/Buku Hitam)

Takau

Terakhir ada hantu Takau, hantu paling sakti menurut kepercayaan warga Kalimantan Selatan. Takau dikabarkan bisa berubah menjadi berbagai macam bentuk. Ia paling suka dengan manusia, dan biasanya akan berubah menjadi kucing untuk menarik perhatian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini