Menderita Radang Sendi? Hindari Makanan dan Minuman Ini

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Selasa 09 Februari 2021 08:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 09 481 2358961 menderita-radang-sendi-hindari-makanan-dan-minuman-ini-91dyL1G7JV.jpg Ilustrasi radang sendi. (Foto: Zeenews)

RADANG sendi atau arthritis adalah kondisi kesehatan yang melibatkan peradangan kronis pada persendian. Ini menimbulkan rasa sakit dan kerusakan pada persendian, tulang, serta bagian tubuh lainnya tergantung pada jenisnya.

Penelitian menunjukkan bahwa program diet, seperti menghilangkan makanan dan minuman tertentu, dapat mengurangi keparahan gejala pada orang dengan radang sendi dan osteoartritis.

Baca juga: Waspada, Radang Sendi Ini Kini Ancam Anak-Anak Muda! 

Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita radang sendi perlu memerhatikan apa yang dikonsumsi. Pola hidup sehat ini juga membantu meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Seperti dikutip dari laman Healthline, Selasa (9/2/2021), berikut ini makanan dan minuman yang harus Anda hindari jika menderita radang sendi.

1. Gula

Anda harus membatasi asupan gula, tetapi terutama jika menderita radang sendi. Biasanya ditemukan dalam permen, soda, es krim, dan banyak makanan lainnya, termasuk makanan yang tidak terlalu kentara seperti saus barbekyu. Terlebih lagi minuman manis seperti soda dapat meningkatkan risiko radang sendi secara signifikan.

Gula putih dan merah. (Foto: Shutterstock)

2. Daging olahan dan daging merah

Beberapa penelitian mengaitkan daging merah dan daging olahan dengan peradangan yang dapat meningkatkan gejala radang sendi. Makanan yang banyak mengandung daging olahan dan daging merah menunjukkan penanda peradangan tingkat tinggi seperti interleukin-6 (IL-6), protein C-reaktif (CRP), dan homosistein.

3. Makanan yang mengandung gluten

Gluten adalah sekelompok protein dalam gandum, barley, rye, dan triticale. Beberapa penelitian mengaitkannya dengan peningkatan peradangan dan menunjukkan bahwa bebas gluten dapat meredakan gejala radang sendi.

Baca juga: Konsumsi Minyak Ikan Cegah Risiko Radang Sendi 

4. Makanan olahan tinggi

Makanan yang diproses secara ultra seperti makanan cepat saji, sereal sarapan, dan makanan yang dipanggang biasanya kaya akan biji-bijian olahan, tambahan gula, pengawet, dan bahan yang berpotensi menyebabkan peradangan yang dapat memperburuk gejala radang sendi.

5. Alkohol

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan alkohol dapat meningkatkan frekuensi dan keparahan serangan asam urat. Selain itu, konsumsi alkohol kronis dikaitkan dengan peningkatan risiko osteoartritis, meskipun tidak semua penelitian menemukan hubungan yang signifikan.

Baca juga: 8 Cara Menguatkan Sendi, Pertama Terus Bergerak 

6. Minyak nabati tertentu

Diet tinggi lemak omega-6 dan rendah lemak omega-3 dapat memperburuk gejala osteoartritis dan rheumatoid arthritis. Lemak ini penting untuk kesehatan. Namun, rasio omega-6 dan omega-3 yang tidak seimbang di sebagian besar makanan dapat meningkatkan peradangan.

7. Makanan tinggi garam

Makanan tinggi garam seperti udang, sup kalengan, pizza, keju tertentu, daging olahan, dan lainnya. Para peneliti telah menyatakan bahwa asupan natrium yang tinggi dapat menjadi faktor risiko penyakit autoimun seperti radang sendi.

Baca juga: Bukan Obat, Glukosamin Tidak Bisa Sembuhkan Penyakit Sendi 

8. Makanan tinggi AGEs

Produk akhir glikasi lanjutan (AGEs) adalah molekul yang dibuat melalui reaksi antara gula dan protein atau lemak. Jika menumpuk dalam jumlah tinggi di tubuh,ini bisa menyebabkan stres oksidatif dan pembengkakan. AGEs ada dalam bacon, steak goreng atau panggang, ayam panggang atau goreng, dan hot dog panggang. Kentang goreng, margarin, dan mayones juga kaya akan AGEs.

Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan ikan untuk mengurangi beban AGE dalam tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini