Share

5 Khasiat Minyak Alpukat untuk Kesehatan, Bisa Mengatasi Diabetes Lho

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 09 481 2359275 5-khasiat-minyak-alpukat-untuk-kesehatan-bisa-mengatasi-diabetes-lho-l9zAWhm2xz.jpg Minyak alpukat memberi banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Healthsite)

TIDAK hanya minyak kelapa dan minyak zaitun yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Minyak alpukat ternyata juga memberikan banyak khasiat, salah satunya dapat mengatasi sakit diabetes.

Alpukat sendiri merupakan buah pembangkit lemak sehat. Tidak hanya kaya lemak baik, minyak alpukat juga tinggi asam oleat, yaitu lemak tak jenuh. Minyak alpukat bisa digunakan pada bahan makanan atau sebagai minyak goreng.

Baca juga: Makan 1 Alpukat Sehari, Manfaat Besar Ini Akan Didapat 

Minyak ini memiliki sifat regeneratif dan melembapkan, sehingga kerap dipakai untuk kesehatan kulit, pelumasan sendi, dan kosmetik. Memasukkan minyak alpukat ke masakan dapat membantu menahan suhu tinggi tanpa merusak dan kehilangan manfaat kesehatan pada makanan.

Masih banyak lagi khasiat yang bisa didapat jika menambahkan minyak alpukat ke makanan harian. Apa saja? Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip dari laman Healthsite.

Alpukat. (Foto: Stevepb/Pixabay)

1. Kesehatan kardiovaskular

Menurut para ahli kesehatan, lemak tak jenuh tunggal yang ada dalam alpukat sangat baik untuk kesehatan jantung, tekanan darah tinggi, dan lain-lain.

2. Mengatasi gejala diabetes

Lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam minyak alpukat sangat bagus untuk mengatasi gejala diabetes. Ini dapat membantu mengurangi kadar glukosa, menurunkan gula darah, dan lainnya.

Baca juga: 6 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Kulit yang Perlu Kamu Ketahui 

3. Mengurangi gejala arthritis

Menurut penelitian, ekstrak minyak alpukat dapat membantu mengurangi kekakuan dan nyeri pada pasien yang menderita arthritis atau radang sendi.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Minyak alpukat juga mengandung lutein yang baik. Ini adalah antioksidan kuat yang membantu menjaga mata tetap sehat dengan mencegah penyakit mata terkait usia seperti katarak dan pelepasan retina.

Baca juga: Mom, Bikin Bubur Alpukat Kelapa buat Si Kecil Yuk 

5. Meningkatkan kesehatan gusi

Minyak alpukat juga bisa membantu mencegah penyakit periodontal, atau penyakit gusi. Kondisi masalah pada gusi, seperti gusi berdarah, bau mulut, dan lainnya dapat diatasi dengan minyak alpukat.

Menurut para ahli kesehatan, minyak alpukat memiliki khasiat tertentu yang menunjukkan efek antiradang yang baik dengan menghalangi protein tertentu yang menyebabkan keropos jaringan dan tulang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini