Bahaya Skincare Abal, Begini 7 Tips Pilih Produk yang Tepat untuk Wajah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 09 Februari 2021 18:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 09 611 2359247 bahaya-skincare-abal-begini-7-tips-pilih-produk-yang-tepat-untuk-wajah-5MzAuD2K4s.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Dari kasus dr Richard Lee versus Kartika Putri, banyak orang terbuka pemikirannya untuk serius memilih produk skincare. Sebab, ada bahaya serius yang harus dirasakan ketika Anda asal-asalan memilih produk.

Banyaknya produk skincare di pasaran juga menjadi tantangan tersendiri. Ya, Anda harus mencari mana produk yang paling tepat untuk kulit Anda. Ingat, produk A yang dianggap cocok oleh beauty influencer, belum tentu cocok dengan kulit Anda.

Pakar Kecantikan dan Anti-Aging dari Cyn Clinic, dr Cynthia Jayanto, M.Biomed (AAM) menjelaskan bahwa ada langkah-langkah yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan menggunakan produk skincare. Apa saja?

1. Pahami jenis kulit sendiri

Perawatan Wajah

Menurut dr Cynthia, sebelum membeli produk skincare, sebaiknya mengenali dulu jenis kulit Anda sendiri.

"Jadi, apakah kulit Anda itu jenisnya normal, sensitif, kering, berminyak, atau kombinasi. Sebab, setiap kulit itu punya penanganannya sendiri dan tidak bisa suatu produk bisa mengakomodir semua kebutuhan jenis kulit tersebut," terangnya dalam keterangan tertulis, Selasa (9/2/2021).

Baca Juga : 7 Prediksi Tren Kecantikan Paling Hits di 2021 dari Para Ahli

2. Kenali keluhan kulit sendiri

Sadar atau tidak, setiap kulit itu punya keluhannya masing-masing. Jadi, tahu dulu keluhan kulit Anda yang biasa dialami itu apa.

"Apakah berjerawat, kusam, kering gatal, atau pigmen warna tidak merata? Dari keluhan tersebut, maka dapat diketahui tahap selanjutnya yaitu mencari produk yang memiliki formula sesuai dengan jenis kulit dan keluhannya," ungkap dr Cynthia.

Baca Juga : Pilih Skincare Pria yang Cocok untuk Kulit, Jangan Bingung Guys!

3. pH kulit disesuaikan dengan produknya

Perawatan Wajah

Jangan abaikan komposisi pH kulit Anda. Menurut dr Cynthia, cara mengetahuinya ialah dari rangkaian produk skincare harus bisa menghasilkan pH yang seimbang di kulit wajah Anda.

"Ingat, bukan produk skincare yang membuat wajah Anda kering atau bahan baku produknya yang bikin wajah Anda berminyak. Yang keliru adalah produk tersebut tidak sesuai dengan pH kulit Anda," paparnya.

Dia melanjutkan, dalam suatu produk skincare dikenal istilah 'pedang' dan 'tameng'. Pedang di sini artinya sifat bahan baku yang tajam memiliki pH terlalu basa, sedangkan tameng itu sebagai pelindung yang memiliki pH normal.

"Nah, di dalam skincare perlu ada keduanya supaya terjadi kondisi kulit yang sehat dan pH normal," tambah dokter yang juga beauty influencer tersebut.

4. Sesuaikan dengan suhu kulit

Tahukah Anda bahwa suhu kulit juga menjadi poin penting dalam membeli produk skincare? Ya, menurut dr Cynthia suhu dan cuaca memengaruhi kondisi kulit. Karena itu suhu menjadi penting.

Misal saat musim hujan atau dingin, kulit lebih kering dan perlu hidrasi. "Jadi, pilih skincare yang bisa membuat kulitmu lebih lembap. Sebaliknya, kalau musim panas yang membuat kulit lebih berminyak dan berkeringat, yang biasanya memicu jerawat, pilih skincare yang kandungannya dapat mengurangi produksi minyak berlebih," ujarnya.

5. Cek izin edarnya

Poin penting lainnya yang harus diperhatikan adalah izin edar produk skincare-nya. Ini akan menentukan apakah produk skincare tersebut aman atau tidak dipakai.

Untuk tahu apakah ada izin edarnya atau tidak dari Badan POM, Anda bisa mengeceknya dari QR barcode izin edar yang tertera di kemasan. "Selain itu, izin produk juga harus dicek karena ada produl yang izin edarnya tidak sesuai dengan produk yang ditawarkan," saran dr Cynthia.

6. Cek bahan baku

Perawatan Wajah

Melihat label kemasan harus menjadi kebiasaan yang tak boleh diabaikan saat membeli produk skincare. Mengecek komposisi atau bahan baku suatu produk itu penting. Pastikan produk itu tidak mengandung merkuri, hidrokinon, resorsinol, bahan pewarna, dan steroid.

"Kalau komposisinya ditulis dalam bahasa latin, Anda wajib mengeceknya di browsing, lalu dicari istilah lain atau awamnya dan jangan lupa cek kegunaannya apakah sesuai dengan jenis kulit Anda atau tidak. Selain itu, cek juga lebel kadaluwarsanya," tambahnya.

7. Melihat review atau testimoni orang lain

Ini juga ternyata penting. Ya, Anda bisa mengeceknya di media sosial terkait dengan produk yang akan dibeli tersebut. Kalau sudah, Anda pasti bisa menganalisa sendiri apakah produk itu sesuai dengan jenis kulit dan masalah yang sedang dihadapi atau tidak.

"Jika kamu menemukan review yang kurang memuaskan atau mengalamu masalah setelah memakainya, maka sebaiknya mengalihkan perhatian ke produk skincare lainnya," saran dr Cynthia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini