8 Tanaman Pengusir Nyamuk, Cocok Diletakkan di Dalam Ruangan Lho

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 09 Februari 2021 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 09 612 2359062 8-tanaman-pengusir-nyamuk-cocok-diletakkan-di-dalam-ruangan-lho-GVH1QlPTOm.jpg Lavender jadi salah satu tanaman pengusir nyamuk. (Foto: Pvproductions/Freepik)

KEHADIRAN nyamuk di siang maupun malam hari akan sangat mengganggu aktivitas setiap orang. Bukan hanya gigitannya saja, tapi suara nyamuk yang mengiang tidak jarang memekakkan telinga.

Mungkin hal ini bisa diatasi dengan mengubah sedikit kondisi lingkungan sekitar. Salah satu caranya menambahkan beberapa tanaman pengusir nyamuk.

Baca juga: Ilmuwan Berencana Perangi Demam Berdarah Dengue dengan Bakteri Wolbachia 

Lalu apa saja tanaman itu? Berikut ini delapan di antaranya, seperti dirangkum dari laman Real Simple, Selasa (9/2/2021).

1. Rumput citronella

Pakar gaya hidup taman Carmen Johnston mengatakan, "Sejauh ini rumput citronella paling populer mengusir nyamuk. Ini karena aromanya yang sangat menyengat."

Tanaman petunia. (Foto: Wirestock/Freepik)

2. Petunia

Petunia merupakan bunga yang berbentuk terompet dan seringkali dijuluki sebagai pestisida alami. Ini karena kemampuannya yang dapat mengusir hama, cacing tanduk, kumbang, wereng dan serangga lainnya.

"Bunga ini bisa tumbuh di tanah maupun di dalam pot. Tempatkan di area yang terkena sinar matahari langsung," jelas pakar gaya hidup Peyton Lambton.

3. Lavender

Lavender memiliki aroma yang harum tapi inilah yang dapat menghalau nyamuk. Tanam bunga ini di sepanjang taman. Minyak alaminya juga bisa dioleskan langsung pada kulit.

Baca juga: 4 Obat Rumahan yang Ampuh Atasi Gatal karena Gigitan Nyamuk 

4. Nasturtium

Nasturtium bisa dijadikan juga sebagai tanaman penghasil pestisida alami. Alasannya, bisa mengusir hama dan serangga yang tidak saja ada pada dirinya tapi juga tanaman di sekitarnya.

5. Rosemary

Aroma dari tanaman rosemary tidak saja berguna di dapur tapi bisa juga digunakan untuk mengusir nyamuk. Rosemary bisa ditanam di dalam wadah dan dapat dijadikan pagar taman.

Baca juga: Punya Golongan Darah O? Selamat Anda Jadi Incaran Nyamuk! 

6. Kemangi

Kemangi dengan aroma kuatnya efektif usir nyamuk. Tanaman ini bisa tumbuh di tanah yang lembap dan terkena sinar matahari penuh selama 6 hingga 8 jam per hari. Gulung beberapa daunnya untuk mengobati bentol akibat gigitan nyamuk.

Kemangi.

7. Serai

Serai masih satu kerabat dengan rumput citronella. Bedanya, ini merupakan bagian dari rempah dapur yang biasa digunakan dalam masakan. Namun, sama efektifnya untuk mengusir nyamuk. Tanam di tempat yang cerah untuk pertumbuhannya yang baik.

Baca juga: Merinding! Gunung Sumbing Gunung Termistis Kedua Setelah Gunung Slamet, Dengarkan Ceritanya Hanya di RCTI+

8. Daun mint

Daun mint dengan aromanya yang menyegarkan ternyata selain enak untuk ditambahkan ke dalam minuman, tapi bisa juga untuk membantu usir nyamuk. Tanaman ini mudah tumbuh, sehingga penting sekali untuk selalu memetik daunnya tiap kali sudah besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini