Pencemburu Berat? Ini 7 Tips Mengurangi Rasa Cemburu dalam Percintaan

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2021 04:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 09 612 2359296 pencemburu-berat-ini-7-tips-mengurangi-rasa-cemburu-dalam-percintaan-HirKkcuvaq.png cemburu berat (Foto: Vo Vatia)

Rasa cemburu kerap disebut sebagai bumbu yang diperlukan dalam suatu hubungan percintaan. Baik itu saat masih berpacaran ataupun sudah menikah.

Tapi apapun yang berlebihan pastinya tak baik bukan? Sama halnya dengan rasa cemburu. Lalu bagaimana jika Anda adalah tipe pasangan yang pencemburu berat?

Bagaimana caranya mengurangi rasa cemburu dalam menjalin hubungan asmara dengan orang lain, agar hubungan tetap harmonis?

Mari simak ulasan singkat 7 tips mengurangi rasa cemburu dalam berhubungan, dari psikoterapis Dr. Jenn Mann, sebagaimana dikutip Instyle.

 merasa cemburu

1. Instropeksi diri

Ambil waktu sejenak untuk diri sendiri, tujuannya untuk menggali perasaan, emosi, dan faktor pemicu rasa cemburu yang dirasakan untuk bisa lebih memahami kenapa situasi ini sudah berkembang menjadi masalah.

2. Komunikasi jujur dengan pasangan

Menjadi rentan secara emosional dan membuat pasangan sadar tentang apa yang terjadi pada diri kita disebut bisa mengurangi kekuatan perasaan itu. Mendapatkan dukungan dari pasangan, disebutkan bisa membantu kita sembuh.

3. Bahas soal batasan dan komitmen

Pastikan di hubungan yang dijalani ini, Anda dan pasangan ada di halaman yang sama, berjalan ke arah yang sama. Maka dari itu, penting untuk mendiskusikan bersama pasangan soal batasan-batasan dengan orang lain yang masih dianggap normal untuk Anda dan juga pasangan. Contohnya, apakah boleh berkomunikasi dengan lawan jenis, apa definisi selingkuh, apa komitmen dari hubungan ini, dan sebagainya.

4. Latihan bersyukur

Tips selanjutnya, kita bisa mencoba latihan bersyukur dengan punya pengingat harian alias reminder tentang semua hal yang berhasil dicapai dalam hubungan asmara Anda dan pasangan dan juga dalam kehidupan pribadi. Hal ini dikatakan bisa membantu mengubah keadaan emosional diri kita yang mungkin membuat akhirnya rasa cemburu bisa berkurang.

5. Ingatkan diri sendiri

Mengingatkan diri sendiri di sini maksudnya ialah mengingatkan kepada diri sendiri bahwa kita bisa bertahan dari apapun. Orang yang pencemburu berat, biasanya kerap memikirkan skenario terburuk tentang hubungannya (contohnya soal perselingkuhan).

Nah, terkadang kita harus sigap mengingatkan diri sendiri kalau kita telah bisa bertahan dan melewati semua kesulitan hidup dan masih bisa berdiri hingga saat ini. Terkadang, kita meremehkan kekuatan dari dalam diri kita sendiri loh!

6. Rehat sejenak untuk menenangkan diri

Saat sedang diliputi amarah, kita sering tak berpikir jernih sebab kita kehilangan kontak dengan bagian intelektual otak dan bergantung pada otak kita yang lebih primitif. Makanya, penting untuk ambil waktu lalu istirahat sejenak agar bisa menenangkan diri agar kita tidak mengatakan atau memutuskan sesuatu yang akan kita sesali di kemudian hari.

7. Terapi

Ini adalah langkah terakhir, mengingat terkadang memang kita butuh bantuan ahli profesional untuk membantu mengatasi masalah soal rasa cemburu yang berlebihan. Tidak peduli seberapa pintar seseorang, semuanya bisa menjadi ‘kabur’ karena sedang merasa emosional.

Dengan adanya terapis profesional, terapis dapat membantu untuk mengetahui apa yang nyata dan apa yang tidak sekaligus membantu Anda untuk lebih memahami bagaimana latar belakang sejarah seseorang bisa memengaruhi hubungan asmara yang dijalani.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini