5 Jenis Jeruk Mandarin yang Sering Ditemui saat Imlek

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 04:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 298 2359935 5-jenis-jeruk-mandarin-yang-sering-ditemui-saat-imlek-s7RvHuBsds.jpg Jeruk mandarin (Foto: LITA)

Hari Raya Imlek sebentar lagi tiba. Jeruk mandarin merupakan salah satu suguhan khas Imlek. Menurut tradisi, merupakan suatu keharusan memberi jeruk mandarin ke kerabat.

Sebab memberi jeruk mandarin diartikan sebagai memberi emas dan simbol kemakmuran dan harapan baik kepada penerima.

Lantas apa sajakah jenis-jenis jeruk yang sering ditemui saat perayaan Imlek? Simak deretannya berikut ini yang dilansir dari Michelin Guide.

 jeruk mandarin

1. Jeruk lukan

Jeruk lukan merupakan varietas jeruk yang paling populer di Singapura. Bercirikan memiliki kulit yang tipis dan sedikit keriput sehingga mudah dikupas. Rasanya manis asam dengan mengandung banyak air.

2. Jeruk ponkan

Jeruk ponkan atau jeruk mandarin-pamelo memiliki bentuk bulat dan memiliki kulit yang mudah dikupas. Selain itu kulitnya juga sedikit lebih halus dan berkilau. Ini merupakan jenis jeruk yang paling manis dari yang lainnya.

3. Jeruk Swatow

Jeruk Swatow berasal dari Kota Shantou di Guangdong, Cina. Jeruk ini rasanya tidak terlalu manis. Kulitnya kasar, keriput, dan tebal dan sulit dikupas. Sehingga awet sampai dua minggu dan banyak yang menggunakannya sebagai dekorasi.

4. Jeruk kinno

Jeruk kinno memiliki bentuk yang nyaris bulat sempurna dan berwarna oren kemerahan dengan kilauan. Rasanya manis asam dan memiliki lebih banyak biji dari kebanyakan jeruk lainnya.

5. Jeruk dekopon

Jeruk depokon merupakan hasil persilangan dari jeruk mandarin dan jeruk ponkan. Memiliki benjolan di bagian atas buahnya. Jeruk ini memiliki rasa yang sangat manis, beraroma harum, dan tidak memiliki biji. Maka tidak heran mengapa jeruk dekopon memiliki harga yang lebih mahal.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini