5 Asupan Sehat yang Bisa Membantu Program Diet Jadi Aman

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2021 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 481 2359605 5-asupan-sehat-yang-bisa-membantu-program-diet-jadi-aman-azHQsqG3CT.jpg Ilustrasi asupan sehat untuk program diet. (Foto: Schantalao/Freepik)

APABILA Anda merasa kelebihan berat badan, maka menjalankan program diet bisa jadi salah satu solusinya. Namun terkadang ketika sedang melaksanakannya, justru tergoda minuman atau makanan lezat.

Nah, jangan sampai Anda gagal program diet karena tergoda asupan yang enak. Pasalnya, ini bisa berpengaruh terhadap berat badan yang tidak turun-turun.

Baca juga: Mau Diet di Tengah Pandemi Covid-19, Coba Tips Ini 

Dikutip dari laman Healthline, Rabu (10/2/2021), berikut ini asupan sehat yang bisa mendukung program diet Anda jadi aman.

1. Makanan berprotein

Ketika sedang diet, asupan protein sangat penting untuk tubuh. Sebab nantinya akan membakar kalori saat mencerna dan memetabolisme protein yang Anda makan, sehingga diet tinggi protein dapat meningkatkan metabolisme 80 hingga 100 kalori per harinya.

Makanan sumber protein. (Foto: Shutt)

2. Camilan sehat

Makanan yang sudah diolah seperti junk food, biasanya akan menambah jumlah lemak dan gula ke dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, hindari makanan tersebut supaya program diet lancar. Ganti dengan camilan sehat seperti buah-buahan.

Baca juga: 5 Aroma Ini Bisa Bantu Sukseskan Diet Anda Lho 

3. Yogurt

Seperti sudah dijelaskan bahwa Anda memerlukan camilan sehat. Ini bertujuan untuk melancarkan program diet dan menghambat proses penumpukan lemak. Selain buah-buahan, Anda bisa mengonsumsi yogurt, kacang-kacangan, wortel, dan telur rebus.

4. Air tawar

Kemudian perbanyak minum air tawar. Minum 0,5 liter air dapat meningkatkan kalori yang telah dibakar sebesar 24 sampai 30 persen selama satu jam sesudahnya. Minum air sebelum makan juga dapat menyebabkan berkurangnya asupan kalori, terutama untuk orang paruh baya dan lanjut usia.

Baca juga: Atlet Dilarang Berpelukan atau Tos di Olimpiade Tokyo

5. Kopi tanpa gula

Kabar baik bagi penikmat kopi, sebab minuman ini dapat membantu program diet Anda. Namun perlu diingat bahwa yang Anda minum adalah kopi tanpa gula. Kopi berkafein dapat meningkatkan metabolisme sebesar 3–11 persen dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 23–50 persen.

Kopi. (Foto: Onlyyouqj/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini