10 Khasiat Biji Rami untuk Tubuh, Bisa Turunkan Risiko Sakit Kanker dan Jantung

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2021 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 481 2359937 10-khasiat-biji-rami-untuk-tubuh-bisa-turunkan-risiko-sakit-kanker-dan-jantung-7rSo3UWwQx.jpg Biji rami memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

BIJI rami atau flaxseed adalah salah satu jenis biji-bijian yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Biasanya tumbuhan rami diekstrak seratnya untuk dibuat banyak hal, seperti seprai dan uang kertas. Namun di balik itu, biji kecil dari tanaman rami juga mengandung nutrisi yang sehat.

Faktanya, biji rami adalah salah satu makanan tinggi lemak paling sehat untuk dimakan. Biji rami bisa ditambahkan dalam menu makanan, seperti salad hingga smoothie.

Baca juga: Biji Rami, Obat Alternatif Sembuhkan Kanker 

Meskipun bisa dikonsumsi secara utuh, disarankan untuk menggilingnya terlebih dahulu. Jika tidak, biji rami hanya akan lewat tanpa dicerna perut sehingga hilang nutrisinya.

Berikut ini sepuluh khasiat mengonsumsi biji rami untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir laman The Healthy.

1. Mengandung asam lemak omega-3

Biji rami kaya akan asam lemak omega-3, asam lemak tak jenuh ganda yang dapat melawan peradangan dan menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.

"Penelitian juga menunjukkan omega-3 dapat membantu meningkatkan mood dan memperbaiki gangguan mood, seperti depresi," kata ahli diet Brigitte Zeitlin.

"Konsumsi minyak biji rami dalam salad dan rasakan manfaatnya untuk meningkatkan suasana hati," tambahnya.

Biji rami.

2. Sumber protein nabati yang baik

Biji rami adalah sumber protein nabati yang baik. "Protein akan menjaga otot dan tulang supaya kuat, sekaligus membantu meningkatkan fungsi kognitif agar tetap waspada dan fokus. Taburkan biji rami ke tumis sayuran untuk meningkatkan asupan protein Anda," kata Zeitlin.

3. Mengandung serat larut

Selain protein, biji rami merupakan sumber serat baik yang dapat meningkatkan kesehatan usus. "Serat larut dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (yang tidak sehat) dalam darah," kata ahli diet Daniela Novotny, "Ini juga dapat menurunkan seberapa cepat makanan diserap yang membuat rasa kenyang serta kontrol gula darah."

Baca juga: Lawan Penyakit Jantung dengan Biji Rami, Ini Caranya

4. Mengandung serat tidak larut

Biji rami tidak hanya mengandung serat larut, tetapi juga penuh dengan serat tidak larut yang fungsinya sedikit berbeda. "Serat tak larut membantu menambah massa pada tinja sehingga isi dari sistem pencernaan bergerak secara efisien," kata Novotny. Serat tidak larut ini sangat membantu bagi orang yang menderita sembelit.

5. Kaya antioksidan

Biji rami mengandung lignan tinggi, sejenis antioksidan yang dapat melawan penyakit kronis. "Ini juga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis-garis pada kulit Anda," ungkap Zeitlin.

6. Menurunkan risiko kanker

"Beberapa penelitian menunjukkan biji rami dapat melindungi dari kanker payudara dan prostat," kata Novotny.

Ini berkat kandungan lignan yang bertindak sebagai fitoestrogen dan antioksidan untuk melindungi dari kanker tersebut.

"Sumber makanan dengan lignan jarang ada, dan biji rami adalah salah satu sumber terbaik," jelas Novotny, "Asam lemak omega-3 juga telah terbukti membantu menurunkan risiko kanker."

Baca juga: Masuk Jajaran Superfood, Kenali Manfaat Flaxseed Oil untuk Turunkan Berat Badan 

7. Menurunkan risiko penyakit jantung

Biji rami bermanfaat untuk kesehatan jantung. "Asam lemak omega-3 dapat menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kadar kolesterol," kata Novotny. Keduanya dapat membantu melawan penyakit jantung.

Biji rami.

8. Mengurangi peradangan

Biji-bijian ini merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik sehingga dapat mengurangi peradangan pada tubuh.

"Peradangan dapat menyebabkan penyakit jantung, obesitas, dan penyakit kronis," kata Zeitlin, "Tambahkan biji rami bubuk ke telur pagi Anda atau taburkan di atas roti panggang sarapan Anda."

9. Menjaga berat badan ideal

Dengan semua serat itu, makanan ini dapat membuat perut kenyang dalam waktu yang lebih lama. "Saat merasa kenyang dan puas, Anda cenderung menghindari mengidam dan tidak makan berlebihan sehingga menjaga berat badan ideal," kata Zeitlin. Ia pun menyarankan untuk menambahkan beberapa biji rami pada sup, semur, dan tumis sebagai taburan.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Kulit, Bisa Obati Jerawat Lho 

10. Meningkatkan kesehatan usus

"Semua serat yang ditemukan dalam biji rami akan membantu meningkatkan motilitas dan keteraturan usus yang baik. Ia akan melawan sembelit dan kembung, sekaligus membantu mengurangi risiko kanker usus besar," pungkas Zeitlin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini