7 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Rambut, Kulit, hingga Kuku

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2021 21:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 481 2359986 7-manfaat-alpukat-untuk-kesehatan-rambut-kulit-hingga-kuku-w1yuyjNUk6.jpg Terungkap banyak manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Jcomp/Freepik)

SEPERTI diketahui bahwa buah alpukat memiliki lemak baik yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Namun ternyata manfaat alpukat ini juga berkhasiat untuk rambut, kulit, dan kuku.

Seperti dilaporkan The Healthy, American Heart Association menyatakan asam lemak tak jenuh tunggal alpukat kaya nutrisi dan membantu mengembangkan sel baik di dalam maupun luar tubuh.

Baca juga: 5 Khasiat Minyak Alpukat untuk Kesehatan, Bisa Mengatasi Diabetes Lho 

Jika Anda ingin mengembalikan tampilan kilau dan tekstur halus pada rambut, conditioner berbahan dasar alpukat adalah pilihan yang tepat. Ini akan melembapkan dan memperkuat rambut dari akar hingga ujungnya. Berikut ini manfaat alpukat untuk kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

1. Merawat kulit kusam dan lelah

Alpukat harus menjadi bagian rutin dari rutinitas perawatan kulit Anda. Sebab asam lemak sehat, vitamin, dan antioksidan yang ditemukan dalam alpukat menjadikannya sebagai bahan pokok bagus untuk masker wajah buatan sendiri. Ini bisa membantu melembapkan dan merevitalisasi kulit.

Alpukat. (Foto: Stevepb/Pixabay)

2. Mengurangi kerutan

Minyak alpukat yang kaya vitamin membantu mengencangkan dan melembapkan kulit serta mengurangi kerutan.

3. Membersihkan kulit kepala dari ketombe

Sifat pelembap dari minyak alpukat dapat meredakan kulit kepala yang kering dan gatal. Anda bisa menggunakan minyak alpukat untuk mendapatkan rambut bebas ketombe, juga mengatasi hingga akar masalahnya. Minyak ini membantu mengobati luka dan noda pada kulit kepala yang disebabkan eksim dan psoriasis.

Baca juga: Makan 1 Alpukat Sehari, Manfaat Besar Ini Akan Didapat 

4. Bisa dipakai untuk manikur

Minyak alpukat juga dapat memberikan keajaiban untuk kutikula kuku. Dengan bahan yang simpel itu, Anda dapat membuat krim kutikula kuku sendiri guna perawatan manikur.

5. Atasi sengatan matahari

Jika memiliki kulit merah dan sakit setelah terlalu lama berada di bawah sinar matahari, alpukat bisa mengatasinya. Antioksidan dan lemak sehat akan membantu merehidrasi kulit yang terbakar matahari dan meredakan nyeri. Haluskan saja alpukat dan oleskan ke area yang merah, atau campur dengan sedikit minyak zaitun sebelum dioleskan agar langsung menenangkan kulit.

Baca juga: Deretan Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Berolahraga 

6. Menghilangkan bau mulut

Alpukat membantu menjaga kebersihan gigi dan kesegaran napas. Berkat dagingnya yang lembut, alpukat merupakan bahan alami untuk membersihkan mulut dan tenggorokan dari bakteri dan partikel makanan.

7. Panjangkan rambut

Alpukat kaya akan vitamin B dan E yang penting untuk kesehatan serta pertumbuhan rambut. Vitamin E membantu mencegah kerusakan pada kulit kepala dan vitamin B meningkatkan pergantian sel sehingga menumbuhkan rambut yang kuat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini