9 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan, Lindungi Jantung hingga Redakan Cemas

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 481 2360126 9-manfaat-jeruk-purut-untuk-kesehatan-lindungi-jantung-hingga-redakan-cemas-uNxpCAOXcR.jpg Ilustrasi jeruk purut. (Foto: Wikipedia)

JERUK purut biasanya dimanfaatkan kulitnya untuk wewangian dan daunnya digunakan sebagai penyedap masakan serta mengobati penyakit. Jeruk purut memiliki nama ilmiah Citrus hystrix. Jeruk jenis ini dibudidayakan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Sama seperti jeruk nipis lainnya, jeruk purut berwarna hijau tua saat mentah dan kuning ketika sudah matang. Namun, jeruk purut memiliki tekstur kerutakan dan gelombang pada permukaannya sehingga tampak berbeda dengan jeruk biasanya.

Baca juga: Selain Jeruk, 5 Makanan Ini Juga Kaya Vitamin C Lho 

Jeruk purut hanya menghasilkan sedikit sari buah. Sari buah ini kaya akan flavonoid dan antioksidan yang sangat kuat. Selain itu, jeruk purut merupakan sumber vitamin C, serat makanan, kalsium, folat, vitamin B6, kalium, vitamin B1, magnesium, riboflavin, fosfor, serta asam pantotenat yang baik.

Berikut ini manfaat jeruk purut untuk kesehatan tubuh manusia yang jarang diketahui, seperti dilansir laman Boldsky.

1. Melindungi jantung

Sebuah penelitian menunjukkan, jeruk purut memiliki kandungan naringenin dan hesperidin yang merupakan flavonoid kuat. Ini memiliki aktivitas antioksidan kuat yang meningkatkan kesehatan jantung dan melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas.

Jeruk purut. (Foto: Thenationpress)

2. Memiliki sifat antikanker

Aktivitas antileukemik jeruk purut dianalisis dalam sebuah penelitian. Ditemukanlah senyawa organik bernama phytol dan lupeol yang dapat menurunkan perkembangbiakan sel leukemia sehingga mencegah timbulnya kanker. Jenis kanker yang dapat dicegahnya adalah kanker usus besar, kanker serviks, kanker darah, dan banyak lagi.

3. Meredakan batuk

Jeruk purut dapat melonggarkan dahak jika diminum dengan madu. Sebuah penelitian menemukan senyawa bernama coumarins dalam kulit buah ini, dan menunjukkan aktivitas anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan batuk.

Baca juga: 5 Manfaat Jeruk Nipis, Sering Konsumsi Yuk 

4. Meningkatkan kekebalan

Jeruk purut dan daunnya memiliki antioksidan yang kuat berkat adanya berbagai polifenol, termasuk flavonoid, asam fenolat, karotenoid, dan alkaloid. Semua itu berkontribusi pada aktivitas imunomodulator dan membantu meningkatkan kekebalan untuk melawan berbagai penyakit.

5. Mencegah infeksi

Air jeruk purut mengandung agen bakterisida yang potensial. Ketika digunakan sebagai disinfektan, secara efektif dapat membunuh berbagai jenis bakteri seperti P. aeruginosa dan mencegah persebaran infeksi.

6. Meredakan kecemasan

Minyak esensial yang diekstrak dari buah jeruk seperti jeruk purut memiliki efek anti-kecemasan dan anti-depresi yang hebat. Semuanya menenangkan pikiran dan meremajakan tubuh. Minyak jeruk purut juga memiliki efek penenang yang mendorong tidur dan mengurangi ketegangan mental.

7. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Jeruk purut banyak digunakan sebagai stimulan pencernaan karena membantu mengobati berbagai masalah pencernaan, seperti lambung, perut kembung, dan gangguan pencernaan. Flavonoid dalam air jeruk nipis juga melindungi sel-sel lambung dari berbagai luka dan meningkatkan kesehatan.

Baca juga: 4 Manfaat Jeruk untuk Kesehatan, Konsumsi saat Musim Hujan Yuk 

8. Anti-penuaan

Minyak yang diekstrak dari jeruk purut atau sarinya baik untuk kulit. Ini dapat mencegah jerawat, menyegarkan kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti bekas luka, jerawat, atau kerutan. Selain itu, aktivitas mengangkat radikal bebas, sifat anti-inflamasi dan imunomodulator dari buah ini bermanfaat untuk kesehatan kulit.

9. Mendetoks darah

Jeruk purut adalah detoksifikasi alami yang membersihkan hati, ginjal, dan darah. Tingkat polifenol yang tinggi dalam airnya membantu mengeluarkan racun atau lemak berbahaya dari tubuh, serta memberikan energi yang cukup dengan menjaga tubuh terhidrasi lebih lama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini