Hair Fall dan Hair Loss Berbeda Loh, Ini Perbedaannya

Antara, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2021 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 611 2360042 hair-fall-dan-hair-loss-berbeda-loh-ini-perbedaannya-nfOgUynrVx.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

RAMBUT rontok memang menjadi kekhawatiran bagi banyak orang. Siapa sih, yang mau mengalami kebotakan dini? Tidak heran, jika kemudian banyak produk perawatan rambut menjajikan mengatasi kerontokan.

Bahkan, pada 2019 pencarian kata kunci "Shampoo Penumbuh Rambut" di Google meroket 3,2 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, empat kali lebih populer dibandingkan isu rambut rusak karena pewarnaan, dan 50 persen pencarian kategori beauty teratas di Google dan YouTube berfokus pada kata kunci hair fall dan hair growth.

Namun apakah Anda tahu bahwa isu rambut rontok terbagi menjadi dua kategori, yaitu hair loss, rambut tak tumbuh dan hair fall.

Menurut Sitoresmi, Senior Education Manager, Kérastase Indonesia dalam siaran pers, Rabu, perbedaan paling sederhana yang dapat segera terlihat adalah dengan mengamati bagaimana kerontokan tersebut terjadi.

rambut

"Jika helai rambut lepas pada saat proses keramas, ketika disisir, atau dikeringkan dengan handuk, maka itu termasuk hair fall. Sedangkan, hair loss terjadi apabila helai rambut banyak ditemukan lepas di bantal ketika bangun tidur," jelasnya.

"Kérastase pun mencatat bahwa sebetulnya banyak faktor internal dan eksternal yang dapat mempercepat kerontokan rambut," kata Sitoresmi.

Hair fall adalah manifestasi dari pikiran (internal) dan lingkungan sekitar (eksternal). Hal-hal seperti stres akut, perubahan hormonal, dan pola diet ekstrem adalah faktor internal yang menentukan kesehatan akar rambut.

Kemudian, lingkungan udara panas dan berpolusi tinggi, serta kebiasaan menata rambut dengan alat hair-styling panas menjadi faktor eksternal yang sudah sangat sering dirasakan oleh wanita urban yang dinamis dan ambisius.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini