Menkes akan Ajukan GeNose Jadi Alat Tes Resmi Covid-19 ke WHO

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 612 2359910 menkes-akan-ajukan-genose-jadi-alat-tes-resmi-covid-19-ke-who-dhpUVJC5AL.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

INDONESIA memang telah mengembangkan alat tes Covid-19 bernama GeNose C19. Alat ini, merupakan pengembangan dari Universitas Gajah Mada (UGM).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, GeNose memang menjadi salah satu solusi untuk melakukan screening awal. Sayangnya, alat ini tidak bisa digunakan untuk diagnosis medis.

Meski demikian, melihat potensi untuk screening awal sangat memungkin dan harganya yang murah untuk tes Covid-19, memang GeNose seharusnya menjadi alat untuk diagnosis medis. Oleh karenanya, Menkes pun akan mencoba mengajukan ke WHO.

"Kita akan tes di Balitbankes untuk bisa diajukan ke WHO, karena untuk medis harus ada persetujuan WHO. Mudah-mudahan bisa disetujui," jelas dia seperti dilansir dari Youtube DPR RI.

Sekadar informasi, pembuatan GeNose merupakan kolaborasi antara UGM, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), Badan Intelijen Negara (BIN), dan sejumlah pihak swasta. Pemerintah melalui Kementerian Riset dan Teknologi serta Badan Riset dan Inovasi Nasional sangat mendukung adanya terobosan teknologi ini.

Melalui embusan napas, GeNose bekerja secara cepat mendeteksi volatile organic compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi covid-19 yang keluar bersama napas seseorang.

Napas akan diambil dan diidentifikasi melalui sensor-sensor yang kemudian datanya diolah dengan bantuan kecerdasan artificial intelligence (AI) untuk pendeteksian dan pengambilan keputusan. Oleh karena itu, alat ini sangat cepat dan akurat untuk mendeteksi adanya virus Covid1-19.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini