Ini 5 Makanan Sumber Lemak Baik, Cocok Dikonsumsi Setiap Hari

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 481 2360132 ini-5-makanan-sumber-lemak-baik-cocok-dikonsumsi-setiap-hari-NOpDBs0eg0.jpg Makanan mengandung lemak baik. (Foto: Familydoctor)

SELAMA ini lemak mungkin terdengar tidak sehat dan harus dihindari. Makanan berlemak dianggap jahat dan berbahaya untuk kesehatan. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Makanan yang mengandung lemak baik justru harus dikonsumsi secara rutin.

Makanan sumber lemak baik sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Ini bisa membantu menyerap vitamin dan manfaat bagi kesehatan lainnya.

Baca juga: 5 Penyebab Perut Buncit Tak Kunjung Langsing 

Jenis lemak baik yang paling umum dikenal adalah asam lemak omega-3 dan omega-6. Ini dapat ditemukan dengan mudah dalam berbagai makanan hewani dan nabati.

Seperti dilansir The Healthy, berikut lima makanan yang mengandung lemak sehat dan harus rutin dikonsumsi.

Alpukat. (Foto: Stevepb/Pixabay)

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik sebanyak double cheeseburger makanan cepat saji. Dengan menambahkan alpukat ke dalam makanan, bisa secara signifikan menurunkan kolesterol LDL yang tidak sehat dan lemak darah lainnya.

2. Cokelat hitam

Separuh lemak dalam cokelat berasal dari lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Namun, hanya cokelat hitam yang mengandung konsentrasi tinggi antioksidan dan menyehatkan jantung. Ini bisa menurunkan tekanan darah serta melindungi jantung dengan cara lain.

Baca juga: 3 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Jelang Pernikahan 

3. Ikan

Makanan laut adalah sumber asam lemak omega-3 terbaik untuk sistem kardiovaskular dan kesehatan secara keseluruhan. Dua porsi ikan berminyak seperti salmon dan makarel Atlantik dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 36 persen.

4. Zaitun

Menurut banyak penelitian, buah dan minyak zaitun dapat melindungi jantung dan melawan diabetes. Bisa juga menggunakan minyak kanola dan kacang tanah.

Baca juga: Seseorang Rentan Terinfeksi Covid-19 karena Kelebihan Lemak dalam Tubuh 

5. Selai kacang, kacang-kacangan, dan biji-bijian

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang setiap hari dapat menurunkan ancaman serangan jantung hingga 35 persen. Satu porsi selai kacang setiap hari juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 21 persen.

Selai kacang almond. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini