Wajib Tahu! Ini 8 Manfaat Makan Pisang Terlalu Matang

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 481 2360140 wajib-tahu-ini-8-manfaat-makan-pisang-terlalu-matang-GgEP44MpB0.jpg Pisang terlalu matang ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan. (Foto: Boldsky)

TERNYATA banyak manfaat makan pisang terlalu matang. Ya, tersimpan banyak nutrisi di dalam pisang sudah terlalu matang itu.

Memang pisang yang sudah terlalu matang dan muncul titik-titik hitam dianggap tidak segar atau kurang enak. Faktanya, pisang ini kaya potasium, mangan, serat, tembaga, vitamin C, vitamin B6 dan biotin, dan dapat mencegah asma, kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit kardiovaskular, serta masalah pencernaan. Semua itu juga berlaku untuk pisang terlalu matang.

Baca juga: 3 Cara Mengonsumsi Pisang untuk Menurunkan Berat Badan 

Meskipun tidak memiliki jumlah nutrisi yang sama dengan pisang matang, pisang terlalu matang juga memiliki manfaat nutrisi. Karbohidrat kompleks dalam pisang saat matang berubah dari pati menjadi gula sederhana.

Kandungan kalori pisang terlalu matang tetap sama, namun vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin C, asam folat, dan tiamin, cenderung menurun.

Berikut ini manfaat makan pisang terlalu matang untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir laman Boldsky.

Pisang. (Foto: Mrsiraphol/Freepik)

1. Mencegah kerusakan sel

Kaya akan antioksidan, makan pisang terlalu matang dapat menunda kerusakan sel yang disebabkan kerusakan internal dan sel radikal. Ini juga membantu menurunkan risiko penyakit.

2. Menurunkan tekanan darah

Pisang yang terlalu matang tinggi kalium dan rendah natrium. Mengonsumsinya secara teratur dapat mengatur aliran darah dan membersihkan penyumbatan di arteri. Ia juga mencegah stroke dan serangan jantung karena sistem peredaran darah berfungsi secara efisien.

Baca juga: 4 Makanan yang Cocok untuk Mengatasi Diare, Apa Saja? 

3. Meredakan mulas

Buah sebagai antasid saat sudah terlalu matang. Buah yang tertutup bintik-bintik cokelat dapat membantu meredakan iritasi dan meredakannya.

4. Mencegah anemia

Kaya zat besi, makan pisang terlalu matang secara alami dapat meningkatkan kadar darah. Ini merupakan salah satu pengobatan terbaik untuk mengobati anemia.

5. Meningkatkan energi

Kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi pada pisang terlalu matang berperan sebagai pendorong energi alami. Makan dua buah pisang yang terlalu matang dapat memberikan energi yang cukup.

6. Mencegah kanker

Salah satu keuntungan paling besar mengonsumsi pisang terlalu matang adalah dapat melawan kanker. Bintik-bintik hitam yang muncul pada kulit pisang yang terlalu matang menciptakan Tumor Necrosis Factor (TNF), suatu zat yang dapat membunuh sel kanker dan abnormal.

Baca juga: Unik! Wanita Ini Mahir Melukis di Atas Pisang, Hasilnya Sangat Nyata 

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Pisang yang terlalu matang kaya akan kalium dan rendah natrium yang bermanfaat mengatur kadar kolesterol. Kandungan serat dalam buah ini mengurangi risiko penyakit jantung, dan kandungan tembaga, serta zat besi meningkatkan juga menjaga jumlah darah dan kadar hemoglobin.

8. Meredakan sembelit

Dikarenakan kaya akan serat, pisang terlalu matang dapat menghilangkan sembelit. Ini mengatur pergerakan usus menjadi lancar dan membuatnya lebih mudah mengeluarkan kotoran. Juga meningkatkan pencernaan Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini