Punya Penyakit Maag, Berapa Dosis Vitamin C yang Bisa Dikonsumsi?

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 481 2360142 punya-penyakit-maag-berapa-dosis-vitamin-c-yang-bisa-dikonsumsi-0LDNw03fp3.jpeg Ilustrasi Vitamin C. (Foto: Shutterstock)

DI masa pandemi vitamin C merupakan asupan yang sangat dibutuhkan, supaya imunitas tetap terjaga. Terlebih terhindar dari penularan virus, seperti Covid-19. Namun kandungan ini juga memicu asam lambung, sehingga menimbulkan rasa sakit.

Lantas, bagaimana bagi penderita maag? Apakah bisa mengkonsumsi vitamin C untuk menjaga imunitasnya.

Menurut Medical Doctor Influncer, dr. Gia Pratama Putra, setiap orang memiliki kesensitifan pada lambungnya. Maka harus dilihat dari takaran atau dosis vitamin C yang dikonsumsinya.

Vitamin C

"Tingkat kesensitifitasan lambung orang berbeda-beda. Kalau oke, tidak masalah, tidak akan berpengaruh (sakit) untuk lambungnya," ujar dr. Gia saat melakukan peluncuran virtual Hevit-Plus.

Dokter Gia menjelaskan, penderita maag bisa mengkonsumsi setengah dosis vitamin C yang sebelumnya ditentukan. Misalnya dari takaran 500 cc, diminum hanya 250 cc. "Terpenting kecukupan sehari," katanya.

Lebih lanjut, selain mengkonsumsi vitamin C, ia menganjurkan agar tetap menjaga protokol kesehatan, makan makanan bernutrisi dan berprotein. "Vitamin yang dibutuhkan seperti vitamin C,, D hingga zinc atau zat besi. Tak lupa protein dan nutrisi," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini