WHO: Izin Penggunaan Darurat Vaksin AstraZeneca Kemungkinan Pertengahan Februari

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 481 2360393 who-izin-penggunaan-darurat-vaksin-astrazeneca-kemungkinan-pertengahan-februari-ms8nm3hneB.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: USC News)

Vaksin AstraZeneca diberitakan kini tengah dalam masa tahap akhir peninjauan untuk daftar izin penggunaan darurat dari Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Seperti dilapor Reuters, Kamis (11/2/2021) dari keterangan resmi yang dirilis pada Rabu 10 Februari kemarin, WHO menyebutkan kemungkinan persetujuan izin penggunaan darurat untuk vaksin AstraZeneca ini akan keluar pada pertengahan Februari.

 Vaksin Covid-19

Dalam briefing bersama dengan panel ahli SAGE WHO terkait vaksinasi, para pejabat resmi merekomendasikan suntikan harus digunakan secara meluas, dengan menekankan bahwa manfaat vaksinasi ini lebih besar daripada risikonya.

“Kami berharap ini akan segera diikuti oleh daftar penggunaan darurat dari produk ini, "kata Kepala Ilmuwan WHO Soumya Swaminathan

Ketika ditanya kenapa WHO giat mendorong rekomendasi penggunaan vaksin, bahkan sebelum data dari uji klinis besar-besaran Amerika (yang sangat diantisipasi) hadir terkait imunisasi tersebut. Ketua Kelompok Penasihat Strategis Ahli (SAGE) untuk vaksinasi, Alejandro Cravioto menjelaskan, karena ini adalah keadaan darurat yang mengakibatkan kematian setiap harinya. Maka ini adalah upaya semaksimal mungkin yang bisa dilakukan.

“Ribuan orang meninggal karena infeksi ini setiap harinya, di banyak negara di dunia. Apapun yang sekarang bisa kita lakukan untuk menggunakan produk yang kemungkinan bisa mengurangi, itu seluruhnya dibenarkan. Walau jika informasinya tidak selengkap yang kami harapkan,” tutur Alejandro.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini